KSB Gandeng UTS untuk Peningkatan Kapasitas Aparatur

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menjalin kerjasama dengan Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) untuk peningkatan kualitas aparatur melalui beasiswa pendidikan strata dua (S2).

MoU kerjasama dimaksud ditandatangani Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin dengan Rektor Universitas Teknelogi Sumbawa (UTS) Chairul Hudaya, Ph.D, di sela kegiatan apel syukur di halaman Fraha Fitrah, Selasa 20 September 2022.

Dalam amanatnya, Bupati HW Musyafirin menegaskan kepada Sekda dan BKPSDM untuk tidak membatasi ASN yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

“Jangan dibatas – batasasi. Semua diberikan kesempatan, karena ini sangat penting dalam rangka membangun Sumber daya yang memang sangat dibutuhkan di KSB disamping untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia juga untuk menyongsong era industrialisasi,” ungkap Bupat.

Menyiapkan sumberdaya, sambung Bupati, sangat penting mengingat KSB telah ditetapkan sebagai kawasan industri strategis nasional. Apalagi pada oktober mendatang proyek smelter di Kecamatan Maluk akan memulai masa konstruksi.

“Ketika sumber daya kita siap, apa yang menjadi kecemasan bahwa kita akan menjadi penonton di negeri sendiri, InsyaAllah tidak akan terjadi,” tandasnya.

Bupati mendorong instansi terkait untuk terus menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, seperti UTS, ITS, dan Unram dalam bentuk program peningkatan kapasitas pekerja.

Terpisah, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D mengungkapkan apresiasinya atas langkah hebat yang diinisiasi oleh Pemkab Sumbawa Barat.

“Semester ini akan ada 50 an mahasiswa asal KSB yang merupakan ASN akan melanjutkan pendidikan di Manajemen Inovasi UTS. Insyaallah dalam 1,5 tahun kedepan akan lahir 50 inovasi baru dari para ASN yang akan memajukan KSB. Misinya hebat, Pemda KSB ingin melahirkan banyak inovator-inovator handal sebagai ujung tombak pemerintahan dan pembangunan di Bumi Pariri Lema Bariri. Terima kasih atas kepercayaannya kepada UTS. Kami UTS-Manajemen Inovasi siap dukung IPM NTB dan Indonesia,” bebernya.(EZ)

Komentar