MEDIA KOMUNIKASI MODERN

*) Oleh : Rahmawati

Media komunikasi ialah sarana krusial untuk menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari. sejak dulu jaman sampai sekarang.

Ada banyak jenis alat komunikasi yg dipergunakan. Mulai dari alat komunikasi tradisional yang masih menggunakan cara -cara konvensional, hingga alat komunikasi berteknologi terbaru yang dapat digunakan secara dunia. Secara awam, alat komunikasi adalah segala jenis peralatan atau media yang dipergunakan untuk menyampaikan sekaligus berbagi pesan informasi.

Pada perkembangannya, alat komunikasi dibedakan menjadi dua jenis, yakni tradisional dan modern. Jika dahulu jaman proses komunikasi masih dilakukan menggunakan keterbatasan penuh, maka sekarang proses komunikasi jauh lebih maju karena telah bisa menjangkau seluruh dunia.

Berikut adalah media komunikasi modern :
1. Telegraf
Telegraf pertama kali ditemukan oleh Samuel FB Morse berasal dari perkumpulan Amerika sebelum adanya telepon. umumnya alat ini digunakan untuk mengirim kabar atau perintah pendek . contoh institusi kepolisian dan militer masih menggunakan surat telegram.

2. Telepon Kabel
pada awal perkembangan teknologi, kabel telepon menjadi alat komunikasi terbaru yang banyak diminati . Sesuai namanya, kabel telepon memakai kabel jaringan menjadi penghubung antar satu pengguna dengan pengguna lain. Hal inilah yang menghasilkan penyebaran jaringan telepon dengan mudah menyebar ke wilayah – daerah pedesaan karena infrastruktur porto yang mampu ditekan. Sayangnya, awam kabel telepon terlalu panjang. Seiring berjalannya waktu , warga mulai beralih menggunakan penemuan baru yang lebih modern , yakni ponsel atau telepon genggam.

3 . Faksimili
Mesin ini sangat efektif digunakan untuk pekerja kantoran yang sehari -hari membutuhkan pengiriman dokumen antar departemen.

4. Intercom
Interkom adalah alat komunikasi tanpa kabel yang mampu digunakan untuk komunikasi jarak eksklusif pada suatu area. buat caranya salah satu pengguna menekan tombol lalu berbicara, pengguna lain akan mendengarkan apa yg disampaikan. umumnya alat ini digunakan untuk komunikasi antar divisi , ruangan atau keperluan lokal lainnya.

5. Email
Email atau surat elektronika merupakan alat komunikasi modern berupa surat digital. Untuk pengirimnya dilakukan sang penyedia email mirip Gmail, Outlook, Yahoo dll.

6. Smartphone
Seiring perkembangan zaman, telepon yang dulu menggunakan kabel kini sudah bersifat wireless atau nirkabel. saat ini telepon genggam atau ponsel memakai sinyal yg dipancarkan oleh menara transmisi dan komunikasi satelit. Alhasil, perangkat ini menjadi mesin komunikasi terkini yang sangat fleksibel .

Kehadiran smartphone pula merubah norma komunikasi rakyat. Menariknya, kita sudah bisa menggunakan smartphone buat mengakomodir aneka macam kebutuhan. Mulai dari bermain, belajar, komunikasi, hingga memperlancar urusan pekerjaan.(*)

*) Penulis adalah Mahasiswa Program Study Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Komentar