Kisah Muhsin Kara, Muazin Juara 1 Lomba Azan Berhadiah Rp 8 Miliar di Arab Saudi

Sumbawa Besar, KabarNTB
Nama muazin Turkiye, Muhsin Kara, sempat mencuat pada 2022 setelah menjadi juara satu lomba azan Otr Elkalam di Arab Saudi. Kemenangan Muhsin Kara membuatnya diganjar hadiah 2 juta riyal Arab Saudi (kini Rp 8,17 miliar).
Dilansir dari Kompas.com, Muhsin Kara merupakan satu dari dua muazin Turkiye yang menyabet gelar juara di ajang dengan arti “Scent of Speech” (Keharuman Ucapan) tersebut.
Kisah Muhsin Kara Dikutip dari Daily Sabah (21/4/2022), Kara dan Albijan Celik (juara dua) bekerja di masjid yang dikelola Direktorat Urusan Agama (Diyanet) di Turkiye.
Kara mulai menjadi muazin sejak usia delapan tahun. Dia sangat menyukai Bilal Al Habashi, sahabat nabi yang merupakan muazin Nabi Muhammad SAW. Kara sudah mengumandangkan azan di sejumlah masjid besar Jerman, Iran, dan Turkiye. Saat mengikuti Otr Elkalam, dia berharap kompetisi tersebut dapat membawanya menjadi muazin di manapun. Adapun Otr Elkalam diselenggarakan oleh Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi dan disiarkan langsung di stasiun TV Pemerintah Arab Saudi.
Umat Islam dari seluruh dunia bertanding di kompetisi ini dalam mengumandangkan azan dan membaca kita suci Al Quran.

Komentar