Media Australia Sebut Turis Australia Mulai Takut ke Bali, Nama Sumbawa Disebut ‘Bali Baru’

Jakarta, KabarNTB

Bali yang mulai ‘keras’ membuat turis-turis jiper. Turis-turis ini mulai mencari alternatif sebagai pengganti Bali.
Nama Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai disebut oleh turis-turis sebagai Bali Baru. Hal ini disorot oleh media Australia, News.com.au dilansir dari Detik.com.

Dalam artikel itu, News.com.au mengulas ada beberapa alasan mengapa Sumbawa pantas mendapat julukan sebagai Bali Baru.

Turis Australia tercatat senang datang ke Canggu untuk berselancar. Nah, ombak di Sumbawa dirasa pas sebagai pengganti. Meski pun tidak seikonik Bali.

“Ombaknya tidak seikonik Bali, tapi enaknya tidak terlalu ramai,” ulas media itu.
Alasan kedua adalah air terjun Sumbawa yang tak kalah eksotis dari Bali. Memang, sebut saja Air terjun Mata Jitu yang terkenal sebagai yang paling indah di sana.

Saking cantiknya, air terjun ini mirip dengan negeri dongeng. Airnya berwarna toska dengan kolam-kolam bertingkat yang teduh oleh pepohonan.

“Sumbawa mungkin tak memiliki restoran Meksiko dengan klub dansanya, tapi Sumbawa memiliki alam yang indah, misalnya Satonda,” lanjutnya.

Pulau Santonda berada di lepas pantai utara Sumbawa. Pulau ini tercipta dari letusan gunung berapi sekitar 1.000 meter di bawah permukaan laut jutaan tahun lalu.

Selain kelebihan Sumbawa yang masih sangat asri, kekurangannya pun muncul dalam ulasan itu.

“Belum semaju Bali,” lanjutnya.

Mengesampingkan kekurangannya, rasa-rasanya keindahan Sumbawa memang tak kalah dari Bali. Bagaimana menurutmu, traveler?. (IR)

Komentar