Bupati Sumbawa Apresiasi Proyek Water for Women Bantuan Australia

Sumbawa Besar, KabarNTB

Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, Selasa (09/05) menerima kunjungan
pejabat dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Kunjungan itu dalam rangka monitoring dan diskusi hasil pelaksanaan Proyek Water For Women di Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan oleh
Yayasan Plan Internasional Indonesia.

Turut hadir Sekretaris Daerah, Anggota Forkopimda, dan sejumlah pejabat daerah.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi pemerintah Australia dan mitranya Plan International yang telah mendukung pelaksanaan proyek Water for Woman di Provinsi NTB dan di Provinsi NTT, khususnya di Kabupaten Sumbawa yang menjadi lokus Provinsi NTB.

Proyek water for woman ini sendiri berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan, kesetaraan gender, dan kesejahteraan masyarakat asia dan pasifik melalui proyek air bersih, sanitasi dan kebersihan lingkungan yang berkelanjutan secara sosial.

Selanjutnya, melalui proyek water for woman juga telah difasilitasi pembentukan forum Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (PSDAT) di Kabupaten Sumbawa sebagai upaya bersama antara pemerintah daerah dengan stakeholder untuk bersama-sama membangun manajemen sumber daya air terpadu agar masyarakat yang mengalami permasalahan air bersih semakin berkurang. “Dibeberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa, air bersih menjadi sesuatu yang cukup sulit diperoleh. Ini terjadi karena lokasi tempat tinggal beberapa masyarakat kita cukup jauh dari sumber air seperti di daerah pegunungan yang tidak memiliki sungai atau di wilayah-wilayah yang kering karena kontur tanah yang tidak begitu subur,” ungkap bupati.

“Ikhtiar yang dihajatkan melalui proyek water for woman, STBM Gesi dan forum PSDAT ini benar-benar patut disyukuri sehingga akan mempercepat upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi yang layak bagi masyarakat Sumbawa,” sambungnya. (JK)

Komentar