Tahun Depan, Perpustakaan Sumbawa Masuki Era Digital

Sumbawa Besar, KabarNTB

Pada tahun 2024 mendatang  pelayanan  di perpustakaan  Sumbawa  sudah digital. Hal ini disampaikan Kepala Dinas  Arsip dan Perpustakaan  Daerah (Arpusda)  Kabupaten Sumbawa,  M Syahril SPd yang ditemui  KabarNTB.com, Selasa  (16/05).

Untuk mencapai hal itu kata  Syahril,     Arpusda Sumbawa mendapat  anggaran  dari  Dana Alokasi Khusus  (DAK)  sekitar    Rp  700 juta.

Anggaran tersebut  lanjut Syahril dialokasikan untuk  pengadaan mebeleur  dan fasilitas pendukung  dalam   rangka pemberian pelayanan digital dibidang perpustakan.

“Tahun 2023, kita dapat DAK untuk pemgadaan mebeler termasuk  peralatan  informatika dan fasilitas pendukung lainnya,” papar Syahril.

Setahun  kemudian pada tahun 2024 sambung Syahril, pihaknya kembali menperoleh DAK sekitar  Rp 200 juta.  Alokasinya  untuk pengadaan buku elektronik.

“Tahun 2024 pelayanan kita dibidang perpustakaan sudah  masuk era digital. Lokasinya digedung utama dibagian depan,”  sambungnya.

Masih kata Syahril, pihaknya sudah menjalin jaringan  dengan Forum  Perpustakaa Digital Indonesia   yang setiap tahunnya Menggelar  konfrensi perpustakaan   digital. “Eranya sekarang digital. Mau tidak mau harus kesana,” tandasnya.

Syahril yakin setelah  perpustakaannya memasuki era digital angka kunjungan akan terdongkrak.
Sekarang ini, angka kunjunga pwr tahun sekitar 30 ribu.l yang didominasi oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat  umum.  “Kami yakin diera digital, jumlah kunjungan  akan bertambah,” paparnya.   (IR)

Komentar