Wabup Sumbawa Buka Musrenbang Anak Tahun 2023

Sumbawa Besar, KabarNTB

Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Novianty MPd membukan Musrenbang Anak Tahun 2023 yang berlangsung di lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Senin (22/05).

Hadir pada kegiatan tersebut. pimpinan dan anggota Komisi 4 DPRD Sumbawa, Kepala Dinas P2KBP3A, Kepala Dinas Kominfotiksandi, serta OPD terkait lainnya.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupatejn Sumbawa, Jannatulfala S.A menyampaikan Musrenbang merupakan aktualisasi nyata dari anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan dengan merumuskan dan merencanakan kebutuhan anak didaerah ini.

Dikatakannya, capaian pemenuhan Hak Anak di Kabupaten Sumbawa mendapatkan apresiasi dan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2022 untuk Kategori Pratama Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Untuk tahun 2023, beberapa tahapan proses evaluasi Mandiri Kabupaten Layak Anak telah terlaksanakan. Dari hasil tahapan verifikasi administrasi, Kabupaten Sumbawa kembali direkomendasikan untuk meraih penghargaan untuk Katagori Madya,” papar Jannatullah.

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa dalam sambutannya mengatakan Musrenbang Anak sangat strategis untuk melihat usulan anak-anak dan kebutuhannya dalam Pembangunan.

“Anak sebagai agen perubahan harus diberikan ruang untuk mengekspresikan hak dan menyampaikan pendapat mereka,” kata wakil bupati yang juga seorang guru ini.

Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak melalui kebijakan Kota Layak Anak (KLA).

Kebijakan ini merupakan tindak lanjut komitmen Dunia melalui World Fit for Children, yang mana Pemerintah Indonesia juga mengadopsinya. (JK)

 

iklan

Komentar