Ketua DPRD Support Budidaya Budidaya Vanili di Desa Klungkung

Sumbawa Besar, KabarNTB

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Andul Rafiq mendukung budidaya tanaman vanili yang coba dikembangkan oleh Kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa.

Suport dari Rafiq itu disampaikan ketika menghadiri penanaman perdana tanaman vanili oleh kelompok tani itu di Desa Klungkung Kecamatan Batu Lanteh, Senin (05/06).

Dikatakannya, prospek komoditi vanili sangat cerah namun dalam hal budidayanya membutuhkan unsur hara dan klimatologi yang tepat untuk tumbuh dan berproduksi.

“DPRD dalam hal ini siap mensupport dari segi pembibitan. Disamping budidaya tanaman vanili, kawasan Desa Kelungkung bagus menjadi kawasan terintegrasi dengan kegiatan produktif yang lain seperti perkebunan, peternakan perikanan dan pariwisata,” kata Rafiq.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Vanilinesia Sumbawa, Agus Irawan Syahmi menyebut budidaya vanili adalah alternatif solusi dari fluktuatifnya komoditas padi dan jagung yang belum maksimal meningkatkan ekonomi petani.

“Sumbawa memiliki sumberdaya alam, lingkungan dan cuaca yang relatif cocok untuk budidaya vanili. Petani Sumbawa perlu didampingi untuk berani membuat diversifikasi tanaman dengan komoditas vanili karena lebih menjanjikan dari harga yang terus meningkat disamping permintaan pasar dunia yang belum terpenuhi,” papar Agus seraya menambahkan, untuk penanaman vanili tersebut kelompok tani yang diketuainya bekerjasama dengan MPC Pemuda Pancasila kabupaten Sumbawa. (JK)

Komentar