Dewan Sumbawa Support Bancarera Boat Race Labu Ijuk

Sumbawa Besar, KabarNTB

DPRD Sumbawa mensuport lomba balap sampan Bancarera Boat Race yang akan berlangsung di Desa Labu Ijuk Kecamatan Moyo Hilir pada 6 – 9 Juli mendatang.

Dukungan dari dewan itu disampaikan ketika panitia berkunjung ke Ketua DPRD, Abdul Rafiq SH dan anggota Fraksi Partai Golkar, Gahtan Hanu Cakita diruang kerjanya masing-masing. Bahkan Gahtan mendukung lomba itu dengan menyiapkan hadiah hiburan.

Lomba balap sampan tersebut memperebutkan hadiah uang sebesar Rp 31,5 juta untuk dua kelas lomba.

“Kegiatan seperti ini harus di support, karena untuk memperkenal dan mengangkat potensi desa,” kata Rafiq kepada panitia.

Rafiq menambahkan, animo masyarakat menggelar lomba balap sampan memperebutkan Piala Kepala Desa Labuhan Ijuk itu sangat tinggi. “Pesan kami kepada desa dan panitia, manfaatkan event ini untuk memperkenalkan UMKM yang ada. Jangan sampai orang melihat lomba saja. Tapi tidak bisa mengakses potensi desa lainnya seperti kebersihan dan keindahan alam laut, produk UMKM dan kebudayaan kita,” pinta Rafiq.

Sementara itu Ketua Panitia Bancarera Boat Race Desa Labu Ijuk, Muhammad Yusuf menjelaskan pelaksanaan even itu sudah mantap. “Kami menyiapkan lomba ini sudah beberapa bulan yang lalu. Antusias masyarakat sangat tinggi begitu juga dengan animo peserta,” aku Yusuf seraya memyebut, untuk sementara ini telah mendaftar 43 tim.

“Bukan hanya kami siap dari teknis pelaksanaan, tapi kami juga sudah menyiapkan dari sisi regulasi dan mekanik untuk membagi lomba di dua kelas,” tambahnya.

Mengenai support dari DPRD, Yusuf menyebut Ketua DPRD akan hadir pada acara penutupan. “Ketua DPRD mensupport penuh kegiatan ini. Beliau juga memberi bantuan. Begitu juga dengan Pak Gahtan (Gahtan Hanu Cakita) dari Fraksi Partai Golkar. Beliau menyiapkan hadiah hiburan,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Labuhan Ijuk, Muhammad Saleh MJ menyebut tujuan pemerintahnya menggelar lomba balap sampan untuk menghidupkan UMKM masyarakat setempat.

Dia meyakini dengan perlombaan tersebut akan mengundang banyak penonton. “Harapannya, warga kami dapat memanfaatkan even ini untuk mengenalkan UMKM. Selain itu mereka juga dapat berjualan sehingga mendapatkan penghasilan tambahan,” jelasnya.

Menurut Kades, kegiatan ini merupakan salah satu kontrbusi nyata yang dapat dilakukan Desa Labuhan Ijuk untuk mengenalkan olahraga balap sampan yang kini mulai sering dilaksanakan di daerah pesisir. (JK)

iklan

Komentar