Diskoperindag KSB Dorong UMKM Manfaatkan Kemajuan Tekhnologi

KabarNTB, Sumbawa Barat РKepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Perindagkop UMKM) Sumbawa Barat, L Muhammad Azhar,  menekankan pentingnya pendampingan berkelanjutan untuk kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pendampingan dimaksud, termasuk diantaranya dengan mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan tekhnologi informasi yang sangat maju saat ini untuk pengembangan usaha mereka.

Kepala Dinas Perindagkop KSB, L Muhammad Azhar

“Banyak event event yang dilaksanakan sebagai ajang mempromosikan produk UMKM. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini dan pendampingan yang berkelanjutan kita harapkan UMKM akan dapat bangkit dan menjadi soko guru perekenomian masyarakat dan daerah,” ungkap Lalu Azhar, kepada wartawan Selasa 21 Agustus 2023.

Menurutnya, pendekatan untuk menaikkan kelas atau meningkatkan pendapatan UMKM tidak bisa dengan mengembangkan per entitas bisnis pelaku usaha. Tetapi dengan pendekatan kemitraan. Dengan demikian, dapat tercapai peningkatan kelas yang selanjutnya mampu memberikan nilai tambah untuk UMKM itu sendiri.

“Untuk memenuhi hal tersebut, pelaku usaha UMKM perlu didorong melalui kegiatan pendampingan atau workshop, seperti banyaknya kegiatan yang dilaksanakan¬† saat ini, ” katanya.

Dengan memanfaatkan platform teknologi digital, UMKM lanjut Azhar dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan daya saing.

Selanjutnya, penting bagi UMKM untuk melakukan inovasi. Apalagi di era ekonomi digital saat ini, tidak cukup hanya menjual produk atau layanan yang sama selama bertahun-tahun.

“UMKM perlu terus berinovasi, misalnya dalam hal keberagaman produk, proses produksi, pemasaran, dan strategi bisnis agar tetap relevan dan menarik bagi konsumen,” demikian Lalu Azhar.(TN)

Komentar