Tanpa Surat Sah, TNI-Polri Amankan Satu Truk Kayu Sonokling

Sumbawa Besar, KabarNTB

Berawal dari informasi masyarakat, Polsek Rhee bersama Koramil 1607/09 Rhee berhasil mengamankan satu truk yang memuat kayu jenis sonokling.

Truk tersebut diamankan di Desa Luk Kecamatan Rhee pada Senin (23/10) malam.

Kayu langka tersebut diamankan kerena tanpa dilengkapi surat atau dokumen yang sah.

Kapolsek Rhee, Ipda Hari Rustaman SH memgatakan diamankannya satu truk kayu bermuatan kayu sonokling tersebut tidak lepas dari peran aktif pemerintah desa dan masyarakat sekitar yang sigap memberikan informasi.

Dari informasi tersebut, tim beranggotan Polsek, Koramil dan KPH Rhee bergerak dan menghentikan truk tersebut serta melakukan interogasi terhadap sopir truk.

Selanjutnya, sopir dan dua knek truk serta barang bukti langsung dibawah ke Polres Sumbawa untuk dimintai keterangan lebih lanjut, termasuk asal kayu dan tujuan kayu tersebut akan dibawa.

Sementara itu, Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Czi, Eko Cahyo Setiawan mengapresiasi peran serta masyarakat dalam upaya menggagalkannya penyelundupan kayu ilegal tersebut.

“Berkat informasi dari warga, TNI dan KPH segera bergabung untuk membantu pihak kepolisian mengamankan truk kayu ini.”

Dandim juga menghimbau warga masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan segala jenis aktivitas yang mencurigakan terkait ilegal logging kepada aparat terdekat. (JK)

Komentar