ASN Diingatkan Jaga Netralitas di Pemilu

Sumbawa Besar, KabarNTB

DPRD Kabupaten Sumbawa mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas pada pemilu 2024 mendatang. Hal ni disampaikan pimpinan DPRD pada rakor netralitas ASN yang berlangsung Senin (30/10).

Hadir pada rakor tersebut Sekda Sumbawa, Inspektorat, BKD SDM, dan Bawaslu.

“Kita perlu mengantisipasi agar tidak terjadi kegaduhan politik. ASN perlu menjaga netralitas, agar tidak menjadi bom waktu,” tegas Ketua DPRD, Abdul Rafiq SH pada rapat tersebut.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Sumbawa, Hasan Basri mengatakan ASN memiliki tanggung jawab moral untuk berlaku netral. “Kita punya tanggung jawab bersama untuk melahirkan pemilu yang berkualitas. Oleh karena itu dalam aturan sudah diatur bahwa PNS tidak boleh terlibat pada 3 tahapan pemilu yakni sebelum pemilu dimulai, saat pemilu, kemudian sesudah tahapan pemilu,” jelasnya.

Untuk menjaga netralitas ASN sambung Hasan Basri, pihaknya telah melakukan pembinaan dan menerbitkan surat edaran agar ASN tidak keluar dari rel.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sumbawa, Arnan Jurami mengatakan tahapan Pemilu dimulai pada 28 Nopember 2023. Jika ada pengaduan maka Bawaslu yang melakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Kalau terbukti, maka bisa kena sanksi sesuai rekomendasi Bawaslu. “Rekomendasi Bawaslu itu sifatnya wajib,” jelasnya. (AM)

Komentar