Polres Sumbawa Bantu Warga jadi Korban Banjir

Sumbawa Besar, KabarNTB

Polres Sumbawa menurunkan personilnya untuk membantu mengevakuasi harta benda warga yang rumahnya terendam banjir bandang, Jumat (09/02).

Evakuasi dilakukan pada tempat yang aman.

Selain itu, personil yang diturunkan juga ditugaskan melakukan pemantauan kondisi banjir dan patroli pengamanan.

Aksi Polres Sumbawa dipimpin langsung Kabag Ops AKP Mulyadi SH di dampingi Kasat Samapta IPTU Tahir Lantu dan Kapolsek Sumbawa IPDA Eko Riyono SH.

Kapolres Sumbawa AKBP Heru Muslimin S.I.K, M.I.P, dikonfirmasi melalui Plh Kasi Humas IPDA Sardi mengatakan peristiwa bencana banjir ini diakibatkan karena intensitas curah hujan di wilayah hulu sehingga menyebabkan air sungai meluap dan perkampungan yang berada di bantatan sungai terkena dampak banjir.

Diterangkan Kasi Humas bahwa terdapat ribuan KK yang mengalami dampak akibat bencana banjir di Kecamatan Sumbawa yakni di Kelurahan Bugis, Pekat, Samapuin, Brangbiji, Brangbara dan Lempeh. Selain itu dampak akibat banjir tersebut juga menyebabkan 1 unit rumah di Kelurahan Samapuin hanyut terbawa air, dan 2 unit rumah ambruk di Kelurahan Brangbara.

“Dalam peristiwa banjir ini tidak terdapat korban jiwa, namun menyebabkan banyaknya kerugian materil akibat banyak rumah yang mengalami dampaknya” ucapnya.

IPDA Sardi juga menjelaskan bahwa tidak lama air sungai berangsur-angsur surut dan dan warga yang rumahnya terendam banjir mulai melakukan pembersihan secara mandiri.

Meski air telah surut pihaknya juga tetap mengimbau masyarakat khususnya yang berada di sepanjang aliran sungai agar tetap waspada mengingat bencana banjir yang dapat terjadi kapan saja. (JK)

Komentar