PDI Perjuangan KSB Mulai Buka Penjaringan Bakal Calon Pilkada

KabarNTB, Sumbawa Barat – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumbawa Barat mulai membuka penjaringan bakal calon yang akan diusung di Pilkada KSB Nopember mendatang.

Ketua DPC PDIP Sumbawa Barat, Kaharuddin Umar, mengatakan penjaringan bakal calon kepala daerah merupakan proses yang wajib dilaksanakan oleh pengurus daerah (tingkat provinsi) dan pengurus cabang (kabupaten/kota) PDIP di seluruh Indonesia.

Hal ini sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan Nomor : 6027/IN/III/2024 tanggal 28 Maret 2024.

“Krena itu, kami hari ini telah memulai proses penjaringan bakal calon yang akan diusung PDI Perjuangan di Pilkada KSB,” ujar Kaharuddin Umar, usai membuka secara resmi proses penjaringan di Sekretariat DPC PDI Perjuangan KSB di Telaga Bertong, Senin 22 April 2024.

Adapun jadwal penjaringan bakal calon oleh DPC PDI Perjuangan KSB akan diawali dengan pengumuman pendaftaran pada 22 April 2024. Dilanjutkan dengan pendaftaran dan pengambilan formulir oleh bakal calon pada 23 April – 8 Mei 2024, Pengembalian formulir pendaftaran oleh bakal calon ke panitia penjaringan DPC PDI Perjuangan Sumbawa Barat tanggal 9 Mei 2024 dan terakhir verifikasi berkas bakal calon oleh DPC PDI Perjuangan Sumbawa Barat pada tanggal 10 – 13 Mei 2024.

“Hasil dari proses penjaringan ini nantinya akan kami teruskan ke DPP melalui DPD NTB untuk ditetapkan sebagai bakal calon yang akan diusung oleh PDI Perjuangan di Pilkada KSB,” jelas Kaharuddin Umar.

Ia mengakui KSB tidak kekurangan figure-figure potensial yang berpotensi menjadi calon pemimpin Bumi Pariri Lema Bariri yang akan melanjutkan kepemimpinan Dr Ir HW Musyafirin – Fud Syaifuddin ST kedepan.

Karena itu, ia meminta figure-figure potensial tersebut untuk tidak ragu mengikuti proses penjaringan bakal calon oleh PDI Perjuangan.

Ia menegaskan seluruh bakal calon yang mendaftar mengikuti penjaringan di DPC PDI Perjuangan KSB akan mendapat perlakuan dan harus melalui proses yang sama.

“Nantinya DPP yang akan menentukan siapa bakal calon, baik bakal calon Bupati maupun bakal calon wakil bupati yang akan diusung,” pungkasnya.

PDI Perjuangan sendiri merupakan satu-satunya partai politik di KSB yang bisa mengusung sendiri pasangan calon di Pilkada (tanpa koalisi dengan parpol lain).

Partai besutan Megawati Soekarno Putri itu adalah pemenang Pemilu yang memiliki 5 kursi di DPRD Sumbawa Barat dan telah memenuhi syarat menimal jumlah kursi DPRD untuk mengusung pasangan calon.(EZ)

Komentar