Muallaf Keturunan Tionghoa Bangun Musholla Berarsitektur Mirip Vihara di Lombok

KabarNTB, Lombok Barat – Dusun Jurang Malang, Desa Pakuan Kecamatan Narmada, Lombok Barat, memiliki sebuah bangunan mushola unik nan cantik. Tidak seperti mushola pada umumnya, mushola ini memiliki gaya arsitektur menyerupai vihara Cina.

Mushola ini dibangun oleh seroarang muallaf keturunan tionghoa bernama Ang Thian Kok alias H Maliki, yang dikenal dengan sifat dermawannya. Di dominasi warna merah yang mencolok, bangunan yang berdiri tahun 2010 ini, sangat mirip seperti vihara.

“Musholla ini dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat, diamana pada waktu itu sedang ada pembangunan masjid, dan masyarakat membutuhkan tempat untuk melakukan ibadah. Maka Haji Malik membangun musholla ini untuk tempat ibadah sementara,” kata Mardan Haris, kepala desa Pakuan.

Dikatakan Mardan, selain sebagai tempat untuk beribadah, musholla ini juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya. “Musholla ini juga dipakai untuk kegiatan-kegiatan pendidikan seperti PAUD dan TPQ,” jelasnya.

Sementara itu Satral, pengelola musholla menjelaskan, musholla unik ini bernama Al-Maliki, sesuai dengan nama pendirinya. nnamun sekarang musholla berganti nama menjadi Ridwan.Konon penggantian nama musholla ini berdasarkan mimpi yang mendatangi sang pemilik.

“Dulunya mushola ini bernama Al-Maliki, namun diganti menjadi Ridwan karena ceritanya Haji Maliki bermimpi mengungpas sebuah kelapa. Nah pas kelapa itu berhasil dikupas, munculah tulisan Ridwan. Makanya musholla ini diganti namanya menjadi musholla Ridwan,” ucapnya.

Keunikan arsitektur  musholla ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak hanya wisatawan lolal, wisatawan mancanegarapun pernah datang untuk melihat mushola tersebut.

“Banyak wisatawan yang datang untuk melihat musholla ini, mereka datang dari Surabaya, Manado bahkan dari Malaysia juga pernah datang kesini,” jelas Satral. (Yus)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.