Ini Pernyataan Resmi Sultan Sumbawa tentang Kebakaran Istana Putih

KabarNTB, Sumbawa – Sultan Sumbawa Dewa Masmawa Kaharuddin IV beserta permaisui Dewa Merajabini Andi Bau Tenridjajah, menyampaikan keterangan Pers resmi mengenai kebakaran Bala’ Puti (Istana Putih) Sumbawa pada Selasa 11 Juli 2017.

Dalam pernyataan pers resmi kepada media Rabu 12 Juli 2017, Sultan Sumbawa Dewa Masmawa Muhammad Kaharuddin IV beserta Permaisuri Dewa Merajabini Andi Bau Tenridjadjah, membenarkan telah terjadi musibah kebakaran atas
Gedung Istana Putih.

Istana Putih, jelas Sultan Muhammad Kaharuddin IV, dibangun dan menjadi kediaman Sultan Sumbawa Sultan Muhammad Kaharuddin III dan Permaisuri Dewa Merajabini Siti Khadijah Ruma Paduka Daeng Ante, Puteri Sultan Bima Muhammad Salahuddin dengan Permaisuri Ruma Paduka Siti Mariyam binti Ruma Bicara Bima Muhammad Quraish.

Peristiwa kebakaran Istana Putih Sumbawa, Selasa 11 Juli 2017

Gedung tersebut (Istana Putih) dikelola dan di gunakan oleh Pemda Kabupaten
Sumbawa untuk pelbagai kegiatan seperti penerimaan dan tempat menginap tamu, rapat – rapat dan kegiatan-kegiatan Pemda lainnya.

Sultan Muhammad Kaharuddin IV menegaskan, didalam gedung Istana Putih yang terbakar, tidak ada teraimpan benda -benda dan alat perlengkapan Sultan maupun Kesultanan Sumbawa.

“Kami merasa sangat prihatin atas musibah ini karena bagaimanapun Istana Putih merupakan salah satu Istana Kesultanan Sumbawa, disamping Istana Dalam Loka serta Istana Bala’ Kuning yang dewasa ini masih berdiri tegak dan menjadi bagian yg tidak terpisahkan dalam perjalanan sejarah dan budaya Tau ke Tana Samawa,” ungkapnya.

Sultan Muhammad Kaharuddin IV dan Permaisuri mengharapkan agar semua musibah yang terjadi, termasuk musibah kebakaran Istana Putih, diterima dengan sabar.

“Makin meningkatkan Iman Islam kita dan bertawaqqal serta berdoa kehadirat Allah SWT atas Keselamatan Tau ke Tana Samawa,” imbuhnya.

Sultan Muhammad Kaharuddin IV dan Permaisuri berharap kedepan hendaknya segera diusahakan restorasi menyeluruh dan rencana pelaksanaan yang ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh.

“Sehingga Istana Bala Puti yang menjadi kebanggaan kita bersama dapat diwujudkan kembali dalam bentuk orisinil seperti semula,” pungkasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.