Selain Upacara, HUT RI di KSB Diperingati dengan Khataman Al Qur’an

KabarNTB, Sumbawa Barat – Peringatan HUT RI ke-72 di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) berlangsung berbeda dari daerah lain. Selain diisi dengan upacara pengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih, HUT RI di Kabupaten paling barat pulau Sumbawa itu juga diisi dengan kegiatan khataman Al Qur’an dan doa kebangsaan yang diikuti oleh ribuan peserta, di Masjid Agung Darussalam, Kompleks KTC Taliwang.

Kegiatan Khataman Al’quran itu diikuti oleh lebih dari seribu orang anggota Pramuka yang sedang mengikuti kegiatan Kemah Bhakti Hari Pramuka ke 56,para siswa, alim ulama, Bupati, Wakil Bupati, serta anggota Forum Koordinasi pimpinan daerah (FKPD) dan masyarakat.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, menyatakan Khataman Al Qur’an dan Doa Kebangsaan merupakan kegiatan penutup rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-56 yang diisi dengan kemah bhakti sejak 14 Agustus 2017.

Selama kegiatan kemah bhakti para peserta juga mengikuti kegiatan ‘ngaji bareng’, mengkaji dan memahami kandungan Al Qur’an yang dilaksanakan setiap selesai sholat berjamaah.

Suasana Khataman Al Qur’an dan Doa Kebangsaan yang diikuti ribuan peserta dalam rangka HUT Pramuka ke 56 dan HUT RI ke 72 di Sumbawa Barat

“Puncaknya hari ini, kita melaksanakan khataman Al Qur’an dan doa kebangsaan untuk Indonesia yang aman, damai, dan jauh lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ketua Kwarcab yang juga Wakil Bupati Sumbawa Barat itu, menyatakan, anggota Pramuka tidak hanya harus cakap dalam kegiatan kepramukaan, tetapi sebagai generasi muda juga harus membekali diri dengan membekali diri dengan ilmu agama dan kemampuan membaca Al Qur’an sebagai tuntunan hidup.

“Selain cerdas secara intelektual, juga harus cerdas secara spiritual. Dua hal ini harus dimiliki anggota Pramuka, agar sebagai generasi muda mereka bisa berperan secara positif dalam mengisi kemerdekaan,” imbuhnya.

Sementara itu, kegiatan upacara pengibaran dan penurunan Sang Saka Merah Putih Peringatan HUT RI ke 71 yang dilaksanakan dilapangan Upacara Graha Fitrah (Kantor Bupati KSB) berlangsung lancar dan khidmat. Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin bertindak sebagai inspektur upacara.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang terdiri dari para pelajar SMA dari seluruh KSB, berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Pembawa bendera merah putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 adalah Septian, siswi SMAN 1 Seteluk. Sedangkan M, Zulfikar, siswa SM 1 Taliwang dipercaya sebagai pembentang bendera.

Sementara Gunawan Sugiharto, siswa SMA 1 Sekongkang dan Septia Yopansyah, Siswa SMK Brang Ene bertugas mengerek bendera merah putih. Para petugas ini merupakan anggota Paskibraka KSB 2017 yang dilatih sejak 4 Agustus lalu. Mereka dikukuhkan oleh Bupati Sumbawa Barat, Rabu malam 16 Agustus.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 Wita ini diawali dengan mendengar suara sirine selama 60 detik. Upacara dilanjutkan dengan pembancaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD KSB, M Nasir  dan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara, Bupati Sumbawa Barat.

Komandan Upacara adalah Kapten Inf. Nawari yang saat ini menjabat Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Sekongkang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.