Wabup Ajak Siswa Perkuat Karakter dengan Sholat dan Mengaji

KabarNTB, Sumbawa Barat –  Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, memberikan ceramah pendidikan karakter menuju generasi  Kabupaten Sumbawa Barat yang Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh (IJS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Taliwang, kamis 3 agustus 2017.

Hadir dalam ceramah umum Wakil Bupati ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat. hSyarifuddin, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Tajuddin M.Si dan jajaran pejabat Dinas Dikpora KSB, puluhan guru MTsN 1 Taliwang, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Taliwang dan ratusan siswa-siswi MTsN 1 Taliwang dan MIN 2 Taliwang.

Kepala MTS 1 Taliwang, Abdul Azis, dalam laporannya menyampaikan, Program terbaru di MTsN 1 Taliwang adalah program menghafal. Para siswa digenjot menghafal Al Qurán minimal satu jus, yakni jus ke 30. Dari program ini, 66 persen lulusan MTsN tahun 2017 telah menghafal satu jus Al Qurán.

‘’Alhamdulillah kami juga mempunyai siswa yang menjadi Qori’, yakni Halqi Zarkasih, dia bulan ini akan berjuang di Kalimantan dan Aksioma tingkat nasional di Yogyakarta. Kami juga mengirim kontingen lomba pidato,” kata Abdul Azis.

Selain itu, ada program boarding scholl atau semi pondok pesantren. Dimana siswa mendapatkan pendidikan pondok pesantren dari guru pondok pesantren pula. Untuk saat ini porsi boarding scholl yang niatannya untuk meningkatkan iman dan takwa siswa yang sebelumnya tidak siap di pondok pesantren, diporsikan waktu 24 jam dalam seminggu. Kemudian MTsN 1 Taliwang saat ini memiliki 19 bidang ekstrakulikuler sebagai wadah aktualisasi minat keahlian para siswa, termasuk sebagai wadah membentuk karakter siswa.

Kepala Kantor Kementerian Agama KSB, H Syarifuddin  menyampaikan, tahun 2017 ini Surat Keputusan Kementerian Agama akan diterima pihaknya terkait akan dijadikannya MTsN 1 dan MIN 2 Taliwang sebagai sekolah terpadu. Jika menjadi sekolah terpadu, guru MTsN  bisa mengajar di MIN dan sebaliknya. Untuk Program boarding school tengah diperjuangkan di pusat, sehingga kedepan gedung khususnya akan dibangun.

‘’Untuk keseluruhan, gedung MTsN akan di jadikan lantai dua, itu adalah perencanaan kami,” ungkapnya.

Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, dalam ceramahnya menyampaikan sejarah dirinya yang mengenyam pendidikan di MTsN 1 Taliwang. Dahulu, MTsN 1 Taliwang masih sangat sederhana, bangunan sederhana dan halaman masih becek karana  bekas tanah sawah. “Saya dulu sekolah hanya pramuka saja ekstrakulikulernya tapi alhamdulillah saya bisa jadi Wakil Bupati,  sekarang kalian 19 ekstrakulikuler maka kalian harus bisa lebih baik lagi,  apalagi ekstrakulikuler MTsN paling baik di KSB,” kata Wakil Bupati.

Dijelaskannya, dahulu orang berfikir anak yang masuk MTsN adalah anak yang kurang menonjol akademiknya atau tidak pintar. Namun sekarang anak-anak dan orang tuanya ngantri masuk dan memasukkan anaknya ke MTsN. Ini karena ada kelebihan MTsN di banding SMP. Sebab, siswa MTsN tidak hanya mendapat pelajaran ilmu dunia, tetapi juga mendapat pelajaran akhirat dan ini lah yang membentuk karakter siswa, menguatkan iman dan ketakwaan siswa.

“Alhamdulillah anak-anak MTsN 1 Taliwang diajar mengaji dan menjalani program menghafal. Buahnya pun ada, dengan lahirnya Qori’ Kabupaten Sumbawa Barat dari MTsN 1 Taliwang, Halqi Zarkasih. Ini tentu menjadi kebanggaan MTsN 1 Taliwang dan menjadi semangat untuk semakin baik,” katanya.

‘’Anak-anakku, jangan tinggalkan sholat, dirikan dan laksanakan dengan berjamaah karena rahmat Allah akan turun membantu kita, ingat kata Allah, ‘’Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu,’’ jelas Wabup yang mengutip Qurán Surat Al Baqarah ayat 45.

Wabup juga mengajak siswa untuk bersedekah. Siswa yang saat ini orang tuanya berada, diimbau untuk tidak sombong. Namun mensyukurinya dan memanfaatkannya dengan bersedekah, berbagi rizki kepada yang kekurangan. Karena sedekah pada prinsipnya tidak mengurangi harta melainkan akan menambah harta.

Untuk mendapatkan ilmu dunia dan akhirat, maka siswa harus menanamkan sikap IJS dalam mencari ilmu. Ikhlas untuk sekolah dan belajar dengan baik. Jujur, tidak nyontek dan perbuatan curang lainnya serta Sungguh-Sungguh agar tujuan bersekolah mendapat ilmu, menjadi orang yang beriman dan bertakwa bisa tercapai.

‘’Dengan landasan iman dan takwa di padu ilmu pengetahuan maka anak-anakku bisa menjadi generasi penerus daerah dan negara.  Jika saya dulu sekolah halamannya becek tapi bisa jadi Wakil Bupati,  insyaallah kalian dengan kondisi sekolah yang lebih baik bisa menjadi pemimpin daerah bahkan presiden,” ujar Wabup menyemangati para siswa.(EZ/*)

 

Usai memberikan ceramah umum pendidikan berkarakter menuju generasi Ikhlas, Jujur, Sungguh-Sungguh, Wakil Bupati yang juga alumni MTsN 1 Taliwang mmberikan uang tunai Rp. 10 juta. Bantuan ini untuk peningkatan kualitas dan kuantaitas ekstrakulikuler MTsN 1 Taliwang.

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.