KPH Puncak Ngengas Bagikan Ribuan Bibit Pohon Buah ke Masyarakat

KabarNTB, Sumbawa – KPH puncak Ngengas Batu Lanteh bekerjasama dengan BP Das Moyo Kementrian LHK membagikan 6.000 Bibit tanaman kepada petani yang tersebar di wilayah kerja KPH puncak ngengas Batu Lanteh Sumbawa.

Kepala KPH Puncak Ngengas Batu lanteh Julmansyah, menjelaskan, jenis bibit yang dibagikan tersebut yang dapat dimanfaatkan buahnya seperti mangga, rembutan, nangka dan durian.

“Dengan adanya bantuan tersebut, kita berharap lahan yang selama ini kosong bisa dimanfaatkan sehingga bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” ujar Julmansyah, kepada KabarNTB, selasa 19 Desember 2017.

Dari pengamatan KPH sejak adanya bantuan bibit ini, ada dua lokasi yang merespon baik bantuan tersebut.
Yakni, lokasi Batu Dulang dan Marente.

Respon masyarakat yang ingin menghijaukan kembali lokasi di hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) disambut positif KPH.

Menurut Julmansyah, kesadaran seperti ini semestinya dapat ditangkap oleh pihak PDAM Sumbawa sebagai penguna air dari hulu Das dengan menyiapkan lebih banyak bibit yang di peruntukan bagi masyarakat di sekitar DAS.

“Kalau bisa PDAM berkolaborasi dengan kami agar muncul sentra -sentra Holtikultura di Sumbawa,” harapnya.

Untuk tahun ini, ada dua KPH yang mendapat bantuan bibit yakni KPH puncak ngengas Batu lanteh dan KPH Ruang.
Untuk bibit di KPH Puncak Ngengas, kurang dari dua mingggu sudah habis tersalurkan.

“Tahun depan kami akan berupaya menambah jumlahnya, menginggat besarnya animo masyarakat yang ingin menanam. Kami juga akan bekerjasama dengan beberapa perusahaan pertambangan dan pihak swasta lainnya, sebagai upaya membangun sentra holtikultura, penghijauan serta mencegah illegal loging,” demikian Julmansyah.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.