Begini Cara PWI dan Kejaksaan Meriahkan HUT Sumbawa ke 59

KabarNTB, Sumbawa — Para ‘kuli tinta’ (wartawan) yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbawa bersama insan Adhiyaksa (Jaksa) dari Kejaksaan Negeri Sumbawa ikut ambil bagian memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa Ke-59.

Kolaborasi Wartawan dan Jaksa ini diwujudkan dalam kegiatan peduli sesama dan bakti sosial yang digelar di dua kecamatan.

Kegiatan itu diisi dengan senam massal bersih pantai serta pemberian bantuan baksampah di Pantai Saliper Ate dan pantai Jempol Kecamatan Labuhan Badas.
Sementara untuk penanaman pohon, pelepasan bibit ikan dan penyuluhan hukum, dilaksanakan di Bendungan Batu Bulan Desa Maman Kecamatan Moyo hulu Sumbawa.

Seluruh kegiatan berlangsung meriah dalam suasana penuh keakraban. Ikut ambil bagian dalam kegiatan itu Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, Sekda, H Rasyidi, Kajari Sumbawa, Paryono SH, Kapolres Sumbawa, AKBP. Yusuf Sutejo, Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata, Wakil Ketua DPRD, Kamaluddin, para kepala OPD, serta perwakilan ASN masing-masing instansi. Masyarakat di kecamatan yang menjadi lokasi kegiatan juga terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan dimaksud.

Pelepasan bibit ikan di bendungan Batu Bulan, salah satu kegiatan dalam Pers – Adhiyaksa Peduli Sesama yang dilaksanakan PWI dan Kejaksaan Negeri Sumbawa, Jum’at q9 Januari 2017

Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dimaksud karena bisa memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Terutama kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di Bendungan Batu Bulan.
Keberadaan pohon, kata Wabup, sangat penting dalam mengatasi musim kemarau dimata mata air kering dan debit air berkurang. Sementara pada musim hujan, Sumbawa kebanjiran.

“Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya pohon di hutan akibat ilegal loging,” katanya.

Wabup berharap kegiatan penanaman pohon itu dapat memotivasi masyarakat untuk melakukan hal serupa di wilayah masing-masing.

Wabup juga meminta instansi lainnya untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa seperti yang dilaksanakan oleh PWI dan Kejari Sumbawa ini.

“Kedepan Ini bisa menjadi contoh. Diharapkan PWI juga bisa bekerjasama dengan instansi lain dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial, demi terwujudnya Sumbawa Hebat dan Bermartabat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kajari Sumbawa, Paryono, kegiatan itu merupakan implementasi dari kepedulian antar sesama dan terhadap lingkungan sesuai dengan tema yang diusung “Pers dan Adhyaksa Peduli Sesama Menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat”.

“Kami mengajak semua pihak untuk peduli akan lingkungan, selain pembersihan pantai dan penanaman pohon, masyarakat juga perlu mendapat pemahaman hukum terkait bahaya illegal loging guna meminimalisir terjadinya bencana alam,” jelasnya.

Sedangkan Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain, mengatakan, kedepan kegiatan perdana itu akan tetap dilanjutkan.

“PWI Sumbawa juga siap bekerjasama dengan instansi lain untuk melaksanakan kegiatan yang lainnya yang membawa dampak baik bagi masyarakat dan Tana Samawa kedepan,” ujarnya.(JK/JM)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.