Bupati Bangga Masyarakat Antusias Peringati HUT Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, mengaku bangga dan terharu melihat antusiasme maayarakat dalam memperingati HUT Bumi Sabalong Samalewa Ke-59.

Bupati menyatakan semangat dan antusiasme masyarakat sangat luar biasa yang ditandai dengan sambutan meriah pada setiap kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan HUT.

Kirab Pataka Lambang Kabupaten Sumbawa yang diarak ke seluruh kecamatan disambut semarak. Berbagai kesenian daerah dan prosesi adat menandai setiap serah terima pataka antar kecamatan, yang juga diarak secara meriah di masing masing kecamatan.

“Bapak Bupati merasa bangga atas antusias masyarakat Sumbawa dalam menyambut HUT daerah ini. Semangat itu mencerminkan bahwa seluruh elemen masyarakat merasa memiliki dan mencintai Tana Samawa,” ujar juru bicara Pemda Sumbawa, M Lutfi Makki, Sabtu 20 Januari 2018.

Berbeda dengan peringatan HUT tahun tahun sebelumnya yang didominasi oleh aparat Pemda. Tahun ini, selain aparat pemerintah, berbagai elemen masyarakat juga menyelenggarakan kegiatan secara mandiri, yang dirangkaikan dengan HUT Kabupaten Sumbawa.

Pesta rakyat lintas etnis di Taman Mangga dikemas lebih baik dibanding tahun lalu. Tiga belas etnis yang hidup rukun dan damai di Kabupaten Sumbawa ikut ambil bagian dengan menampilkan kuliner dan budaya khas asal daerah masing masing.

Para seniman muda Kabupaten Sumbawa juga menggelar seni mural (melukis tembok stadion Pragas) bertajuk Warna Warni Sumbawa Hebat dan Bermarabat. Nonton bareng film kolosal tentang perjuangan heroik masyarakat Sumbawa, Perang Sapu Gara juga digelar bersama sutradaranya, Adi Pranajaya.

Tidak ketinggalan, para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbawa bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri menggelar gotong royong bersih bersih pantai, tebar benih ikan di bendungan, dan penyuluhan hukum.

Begitu pula kalangan kampus, menggelar bedah buku, seminar dan studium general dan lomba inovasi daerah yang disambut antusias oleh kalangan kampus.

“Indikasi ini mencerminkan bahwa rasa memiliki dan semangat membangun daerah di kalangan masyarakat sudah semakin bagus, sehingga kita optimis, Sumbawa Hebat dan Bermartabat bisa kita wujudkan secara bersama sama,” ujar Lufi Makki, mengutip pernyataan Bupati.(JK/JM)

iklan

Komentar