Empat Dusun di Plampang Banjir, Dandim Ingatkan Stop Illegal Loging

KabarNTB, Sumbawa – Hujan lebat yang menguyur Kecamatan Plampang pada Selasa 20 februari 2018, menyebabkan dua desa di kecamatan terkait terendam banjir akibat luapan air sungai setempat.

Desa yang terendam itu adalah Dusun Bungkis Desa Plampang, Dusun Kuang Bungir, Dusun Usar dan Dusun Pamunga Desa Usar.

Pantauan Babinsa setempat, banjir disebabkan luapan sungai yang melintasi Desa Selante.
Dandim 1607 Sumbawa Letkol ARM Sumanto S.Sos mengatakan pihaknya telah menerima laporan tentang banjir tersebut dari anggotanya di Koramil Plampang,

Kondisi banjir di kecamatan Plampang, Sumbawa Selasa sore 20 Februari 2018

Akibat banjir itu, ujar Dandim, sekitar 40 unit rumah di Dusun Bungkis terendam.

“Banjir mulai surut sekitar pukul 16.30 Wita dan warga mulai kembali kerumah untuk mengamankan barang – barangnya. Aparat jug diterjunkan untuk mengamankan lokasi yang terkena dampak banjir agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” ungkap Dandim.

Ia berharap, bencana banjir yang terjadi dan melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa bisa menyadarkan, betapa pentingnya fungsi hutan dan betapa pentingnya semua masyarakat untuk mencegah Illegal loging serta kejahatan lainnya yang merusak alam.

“Pemerintah dan masyarakat harus segera memikirkan bagaimana segera melakukan Reboisasi kawasan hutan. Jika hal itu dibiarkan berlarut, maka tidak tertutup kemungkinan kawasan hutan akan beralih fungsi menjadi lahan pertanian,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.