Pamit Berlatih ke Amerika, Nickson Damara Disambut Hangat Mori Hanafi

KabarNTB, Mataram – Impian pebasket asal NTB, Nickson Damara Gosal untuk merasakan iklim kompetisi di Amerika, Negara pemilik liga basket paling populer di dunia (NBA) akhirnya terwujud.

Nickson Damara, siswa kelas XII SMA Kesuma Mataram berusia 17 tahun itu, sebelumnya sukses di ajang Development Basketball League (DBL) Allstar dan terpilih sebagai Most Valuable Player (MPV) di Honda DBL Camp 2017. Atas prestasi ini Nickson terpilih menjadi salah satu pebasket yang akan dikirim untuk berlatih di Amerika. Ia akan bertolak menuju Amerika pada 4 Februari 2018 nanti.

Di negeri Paman Sam, itu  Nickson akan mengikuti latih tanding (sparing) dan latihan teknis bermain basket bersama para pemain professional disana.

Pada Kamis 1 Februari 2018, Nickson berkunjung ke DPRD NTB untuk berpamitan sebelum bertolak ke Amerika. Pebasket yang tergabung dengan timnas FIBA 3×3 di Chengdu, Tiongkok tahun 2017 lalu itu, disambut hangat oleh Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi.

Nickson Damara saat berbincang hangat dengan wakil ketua DPRD NTB, Mori Hanafi

Dalam perbicangan dengan Politisi Partai Gerindra yang juga bakal calon wakil gubernur NTB itu, Nickson berharap dengan berlatih ke Amerika, ia bisa lulus seleksi agar bisa masuk timnas Indonesia.

“Kita ditunjuk bukan asal tunjuk saja, ada proses. Dari 115 orang perwakilan semua daerah, setelah diversifikasi tersisa 24 orang, mereka ini disebut DBL untuk anak indonesia,” urainya.

Anak muda dengan postur 192  cm itu mengaku ingin mengharumkan nama NTB di kancah nasional bahkan internasional. Ia juga tidak memungkiri perkembangan olaharaga basket di NTB masih kurang. Bahkan kegiatan kompetisi DBL-pun hanya satu kali setahun dilaksanakan, kalah jauh jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Pemerintah daerah sudah suport saya sampai ke Jakarta.  Saya berharap perhatian untuk olahraga basket bisa lebih lagi. Semisal membangun tempat Basket khusus,” katanya.

Mendengar curhatan Nickson, Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi mengaku saat ini tidak bisa berbuat banyak untuk memberikan perhatian terhadap Nickson.  Meski demikian, pria yang akrab disapa Bang Mori ini, memberi motivasi agar Nickson tidak menyerah dan terus berlatih sehingga impiannya menjadi pebasket kelas dunia dan masuk Timnas bisa terwujud.  Mori juga berjanji akan memperjuangkan pengembangan olahraga, bukan hanya basket tetapi juga olahraga yang lain, termasuk kegiatan kepemudaan, terlebih yang bisa mengharumkan nama baik daerah pada anggaran berikutnya.

“Kita hanya berikan semangat, karena putra NTB perlu didukung. Tidak mudah bisa tembus latihan ke Amerika. Itu perlu perjuangan, latihan keras dan tidak lepas dukungan dana,” ucap Mori Hanafi yang juga merupakan Bakal Calon Wakil Gubernur NTB berpasangan dengan TGH Ahyar Abduh.

Apa yang dilakoni serta capaian Nickson sangat diapresiasi Mori. Ia menyatakan prestasi tersebut harus dihargai. Sebagai bentuk keseriusannya, sepulang Nickson dari Amerika, Mori berjanji akan memikirkan pola pembinaan dengan tujuan memacu semangat para pemuda.

Bacawagub yang dikenal sederhana ini, juga mendorong para pemuda lainnya untuk terus berkarya dengan prestasi nyata.

“Pola kita nanti, instansi terkait harus bersinggungan dengan kegiatan kepemudaan, bukan hanya pemuda dan olahraga saja,” demikian H Mori Hanafi.

Nickson Damara, mulai bermain basket sejak di bangku Sekolah Dasar. Meskipun beberapa kali mengalami kegagalan di Honda DBL 2016 dan DBL Camp 2016, namun pebasket dengan tinggi 192cm tersebut tetap rutin berlatih, bahkan dengan mengorbankan waktu liburannya.

Latihan kerasnya menuai sejumlah prestasi gemilang, antara lain juara DBL 2017, Most Valuable Player (MVP) DBL 2017, serta menjadi salah satu pemain Timnas FIBA 3×3 dalam kompetisi di Chengdu, Tiongkok tahun 2017 lalu.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.