Komisi I Dukung Pembangunan Talang dan Jaringan Irigasi Moyo Utara

KabarNTB, Sumbawa – Komisi I DPRD Sumbawa memberi dukungan penuh terhadap rencana pembangunan talang air dan jaringan irigasi di Moyo Utara. Pembangunan infrastruktur tersebut dianggap penting lantaran selama ini petani di Desa Penyaring Dan desa sekitarnya masih sangat kekurangan air untuk kebutuhan tanaman padi pada musim tanan tertentu.

“Saya siap mengawal proses pembangunan talang air dan jaringan irigasi di Kecamatan Moyo Utara,” kata Ketua Komisi I, Syamsul Fikri AR, selasa 27 Maret 2018.

Fikri yang juga Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bupati – Wakil Bupati, Husni – Mo pada Pilkada 2015 lalu, mengatakan pembangunan talang atau zipon di Moyo Utara merupakan janji politik Husni-Mo saat berkampanye di Desa Penyaring 2015 lalu.

“Janji politik tersebut akan direalisasikan pada 2019 mendatang. Mengingat saat ini usulan pembangunan Talang Air dan Jaringan yang akan menelan anggaran APBD sekitar Rp 8,8 Milyar masih berproses,” ujarnya.

Ditempat yang sama ketua‎ Forum Petani Moyo Utara, Adizul Syahabuddin mengatakan saat ini proses menuju pembangunan talang dan jaringan irigasi dimaksud sudah di Bappeda.

“Usulan yang dimasukan oleh Dinas PU Sumbawa saat ini sudah dibahas di Bappeda. Dan semoga Bappeda Sumbawa memasukan untuk di bahas di DPRD. Karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup petani di Kecamatan Moyo Utara,” tegasnya.

Dikatakannya, pembangunan talang dan jaringan irigasi tersebut sangat dibutuhkan oleh petani di Moyo Utara. Makanya perlu dukungan semua pihak termasuk di Legislatif serta ‎stakeholder di Kecamatan Moyo Utara.(JK)

Komentar