Pemda KSB Gelontorkan 1,75 Miliyar untuk Backup TMMD ke-101 di Aik Kangkung

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengalokasikan bantuan hibah sebesar Rp 1,75 Miliyar untuk membackup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dilaksanakan jajaran Kodim 1607/Sumbawa, di Desa Aik Kangkung, Kecamatan Sekongkang, KSB. Dana tersebut belum termasuk alokasi anggaran dari TNI.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, dalam sambutannya saat membuka TMMD ke-101, Rabu 4 April 2018, mengatakan, back up anggaran dari pemerintah daerah merupakan wujud kemitraan antara pemerintah daerah, TNI dan rakyat dalam membangun desa. Anggaran itu akan digunakan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur di desa, mulai dari jalan usaha tani, jalan lingkar pantai, pembuatan pagar tembok keliling pura, rehab masjid, pembuatan sarana MCK dan sejumlah program lainnya.

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin bersama Dan Satgas TMMD ke-101 wilayah Kodim 1607/Sumbawa, Letkol Srm Sumanto usai pembukaan di Desa Aik Kangkung Kecamatan Sekongkang

Selain kegiatan fisik, TMMD ke-101 juga akan melaksanakan program non fisik seperti penyuluhan, pelayanan kesehatan dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan pemahaman dan kesejahteraan masyarakat.

“Yang tidak kalah penting adalah membangun kebersamaan, toleransi yang tinggi antar ummat beragama yang teraplikasi lewat kebersamaan kita merehab masjid dan membangun sarana peribadatan lainnya di Desa Aik Kangkung ini,” jelas Bupati.

Bupati HW Musyafirin mengakui, TMMD yang bukan hanya program lintas sektroral antara TNI dan pemerintah, telah menyatukan TNI dengan rakyat, memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat dan memperkokoh bahwa ‘Bersama Rakyat TNI Kuat’.

“Pemda KSB mengharapkan indikator keberhasilan TMMD tidak hanya dengan terbangunnya infrastruktur semata, tetapi juga bisa membantu pemerintah dalam memberikan pencerahan idelogi kepada masyarakat dalam mencegah berkembangnya paham radikal di KSB. Mampu meningkatkan budaya gotong royong, serta membangun mental agar rakyat memiliki mental Ikhlas Jujur dan Sungguh-sungguh,” timpal Bupati.

Sementara Dan Satgas TMMD ke-101 wilayah Kodim 1607/Sumbawa, Letkol Arm Sumanto S.Sos dalam laporannya menjelaskan, TMMD bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan faslitan fisik dan non fisik, serta memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh.

“Sasaran fisik dalam TMMD ke-101 adalah pembangun 9 fasilitas infrastruktur speeti pembangunan jalan usaha tani dengan total panjang 4,1 KM, perbaikan sarana irigasi, sarana ibadah juga fasilitas MCK. Untuk non fisik akan dilaksanakan 10 program, mulai dari penyuluhan agama, kamtibmas, Narkoba, bidang kesehatan juga pertanian dan peternakan,” jelas Dandim.

TMMD ke-101 akan diikuti oleh 150 orang personil ( 1 SSK) TNI dari Kodim 1607 Sumbawa. Mereka akan berbaur bersama masyarakat dan jajaran pemerintah daerah untuk melaksanakan berbagai program selama 30 hari, mulai 4 April sampai 3 Mei 2018 mendatang.(EZ)

Komentar