DPMPD : Jika Terbukti Berijazah Palsu, Kades Terpilih Bisa Batal Dilantik

KabarNTB, Sumbawa РKepala Desa terpilihterancam batal dilantik jika terbukti menggunakan ijazah palsu saat mendaftar sebagai salah satu calon kepala desa.

Hal itu ditegaskan Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sumbawa, Ulumuddin S.Sos, menanggapi kasus dugaan penggunaan ijazah palsu oleh kepala desa terpilih di salah satu desa di Kecamatan Lantung.

Ulumuddin mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait kasus tersebut. Ia berharap agar persoalan tersebut sebaiknya diserahkan untuk diselesaikan lewat proses hukum, karena hukumlah yang nantinya akan menentukan benar atau salah.

Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sumbawa, Ulumuddin S.Sos

Jika nantinya persoalan tersebut tidak mampu diselesaikan oleh Panwas maupun Panitia 9 maka rekomendasi kepada pihak Kepolisian wajib dilakukan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kalau terbukti menggunakan ijazah palsu maka yang bersangkutan batal dilantik. Jika sudah dilantik maka akan diberhentikan dan ada konsekuensi hukum yang harus dijalani,” ujarnya

Dikatakannya, sejauh ini kapasitasnya masih sebatas memberikan arahan saja. Hal itu lantaran laporan resmi belum diterima pihaknya. Jikapun ada upaya dari Panwas untuk menyelsaikan persoalan tersebut melalui musyawarah mufakat bersama masyarakat, maka hal itu tentunya lebih baik dan sebaik-baiknya persoalan tersebut diserahkan kepada ahlinya.

“Kami harapkan agar persoalan tersebut diserahkan kepada ahlinya. Karena kasus itu menyangkut dengan hukum pidana. Maka sebaiknya proses penyelsaiannya dibpihak Kepolisian, agar mendapat kepastian hukum yang jelas,” pungkasnya (JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.