Bupati Tegaskan Pemda KLU Tetap Semangat Meski Infrastruktur Hancur Akibat Gempa

KabarNTB, Lombok Utara – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama rombongan, termasuk Dirjen Pemdes, Dirjen Dukcapil dan jajaran pemerintah provinsi berkunjung ke Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Dalam kunjungan Mendagri, diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar didampingi sejumlah Kepala OPD se-KLU. Dikesempatan itu, Bupati menyampaikan berbagai hal terkait situasi dan kondisi KLU pasca dilanda gempa yang berkepanjangan.

Bupati KLU H Najmul Akhyar bersama Mendagri Tjahjo Kumolo

Bencana ini, kata Najmul, telah menghancurkan hampir seratus persen infrastruktur kantor desa. Hanya sebagian kecil yang masih bisa digunakan, begitu pula dengan kantor camat, kantor bupati, dan sejumlah kantor lainnya.

“Semuanya sudah tidak bisa ditempati, tapi kami tetap semangat melakukan pelayanan walapun harus berkantor dengan tenda-tenda, yang mana rumah sakit hancur, puskesmas hancur, begitu juga dengan polindes semua hancur,” ujarnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa bencana gempa telah menelan korban di Kecamatan Bayan 16 orang, kecamatan Kayangan 175 orang, Gangga 116 orang, Tanjung 86 orang, dan Pemenang 80 orang, sehingga total korban meninggal dunia untuk Lombok Utara berjumlah 473 orang. Adapun yang telah mendapatkan santunan dari presiden sejumlah 448 orang.

“Sarana prasarana pendidikan semua tak bisa digunakan sehingga sampai sekarang ini, kami menunggu kiriman tenda dari Kementerian Pendidikan, dibutuhkan sekitar 1.300 tenda untuk membuat sekolah normal kembali. Baru 18 tenda yang dikirimkan,” pungkasnya.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.