Dapur Umum Rumah Zakat Sudah Berdiri di Daerah Terdampak Gempa Paling Parah di Sumbawa

KabarNTB, Mataram – Rumah Zakat dengan sejumlah personil relawannya kembali bergerak menuju Kabupaten Sumbawa untuk membantu para korban gempa..

Sebagaimana diketahui, gempa yang berpusat di Lombok Timur dengan kekuatan 7.0 SR pada Ahad (19/8) lalu, telah memporak-porandakan Pulau Sumbawa, khususnya di Kabupaten Sumbawa (KS) dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Akibatnya, puluhan ribu warga Sumbawa dan KSB kini harus mengungsi. Mereka begitu trauma serta sangat mengharapkan bantuan sekaligus perhatian dari semua pihak.

“Sejak Senin (20/8) atau sehari pasca gempa belasan relawan sudah berada dilokasi,” kata Repi, koordinator relawan Rumah Zakat.

Tahap awal, dia katakan, Rumah Zakat membagikan terpal, sembako, dan buah kepada warga Sumbawa yang tinggal di sejumlah titik pengungsian di Kecamatan Alas Barat dan Buer.

“Kita juga telah membuka dapur umum di Dusun Hijrah, Desa Usar Mapin, Kecamatan Alas Barat dengan produksi 500 bungkus per hari,” tambah Repi.

Dia berharap, kehadiran dapur umum Rumah Zakat mampu membantu pemerintah setempat dalam penanganan dan kebutuhan makanan masyarakat terdampak. Selain itu, Rumah Zakat juga aktif mengikuti rapat koordinasi bersama Pemkab Sumbawa selama masa tanggap darurat hingga Sabtu (25/8).

“Mudah-mudahan dengan adanya dapur umum Rumah Zakat, bisa membantu pemerintah setempat dalam menangani kebutuhan makanan saudara/i kita yang menjadi korban gempa disini (Sumbawa, Red),” demikian Repi.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.