Wartawan Sumbawa Salurkan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Tiga Kecamatan

KabarNTB, Sumbawa – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbawa bersama Komunitas Wartawan Bangku Belakang (Babe) yang beranggotakan jurnalis media cetak, televisi dan Online yang ada di Kabupaten Sumbawa kembali menyalurkan bantuan bagi korban bencana gempa Sumbawa.

Bantuan kali ini diserahkan di tiga lokasi kecamatan terdampak yakni di Kecamatan Buer, Alas dan Alas Barat serta langsung ke desa maupun dusun terdampak parah. Ketua PWI Cabang Sumbawa Jamhur Husain didampingi sejumlah anggota lainnya menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut di Dusun Gelampar Alas Barat Kamis 23 Agutus 2018.

Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain yang didampingi perwakilan Komunitas Jurnalis Babe Jacky Hasan dari media Kabar NTB.Com mengatakan, penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa bumi yang terjadi di pulau Lombok dan dua Kabupaaten di Pulau Sumbawa yakni Sumbawa dan KSB merupakan bantuan yang kesekian kalinya disalurkan PWI dan Komuitas Wartawan Babe.

Ketua PWI Sumbawa Jamhur Husain menyerahkan bantuan dari para jurnalis di Kabupaten Sumbawa kepada warga terdampak gempa di Kecamatan Alas Barat

Bantuan bagi korban gempa itu  berasal dari sumbangsih beberapa donatur serta sumbangsih para jurnalis peduli kemanusiaan yang ada di kabupaten Sumbawa dan luar NTB seperti PWI Perwakilan Sumatra Selatan dan Jama’ah Rawdatul Jannah Olat Rarang.

“Sudah menjadi kewajiban kita untuk saling membantu sesama manusia ketika ada saudara kita yang tertimpa musibah,” ungkap JH sapaan akrab ketua PWI Sumbawa.

Penyaluran bantuan yang kesekian kalinya ini hampir sama seperti bantuan sebelumnya yang di droping ke pulau Lombok, seperti terpal, makanan siap saji, air bersih dan yang lainnya, kesemua itu tentu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, seperti di Dusun Gelampar yang merupakan lokasi dusun yang dampaknya luar biasa parah akibat gempa beberapa waktu lalu hingga merusak sejumlah bangunan rumah serta fasilitas peribadatan (Masjid).

“Kalau di Dusun Gelampar kami drop  terpal , selain bisa digunakan untuk tenda pengungsian juga dijadikan tenda untuk tempat shalat berjamaah, menginggat masjid sudah tidak bisa digunakan karna dikhawatirkan akan runtuh karena kerusakannya mencapai 75 persen,” jelas JH.

Sementara itu Kadus Gelampar Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat Saparuddin mengatakan, dirinya beserta warga setempat sangat berterimakasih dengan adanya bantuan yang di salurkan langsung oleh PWI dan Komunitas Jurnalis Babe tersebut, dimana dengan bantuan tersebut setidaknya bisa menjadi solusi sementara bagi warga terdampak, seperti bantuan terpal untuk tenda pengungsi dan tempat shalat berjamaah, demikian juga makanan siap saji dan air bersih untuk keberlangsungan masyarakatnya.

Kadus juga berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini pihak kecamatan dan pemdes setempat, selain bantuan untuk makan dan minum sehari-hari, juga yang perlu diperhatikan yakni masalah kesehatan. Menginggat warga yang dipengungsian juga memerlukan obat-obatan.

”Kalau sembako di Gelampar sudah terima oleh warga, namun tim medis saat ini belum ada yang datang meninjau kami, dan saat ini kami sangat memerlukan pelayanan kesehatan khusus warga yang terdampak gempa,” imbuhnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.