Hadapi Kemarau, Petani di KSB Dibuatkan Sumur Bor

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sumbawa Barat menyalurkan bantuan sumur bor kepada petani untuk mengantisipasi kekeringan di musim kemarau ini.

Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan, Syaiful Ulum, mengatakan, pihaknya sedang memantau kondisi lahan pertanian yang mengalami kekeringan.

Aktifitas petani di KSB diawal musim tanam

“Kami akan membuat sumur bor, sumur dalam dan sumur dangkal sebagai solusi untuk pengairan lahan petani,” ungkap Syaiful Ulum, kepada Wartawan, 6 September 2018.

Selain sumur bor tersebut, dinas setempat, kata Syaiful juga sedang membangun infrastruktur untuk jaringan irigasi, jalan usaha tani dan embung.

Untuk daerah yang dekat dengan sungai, Dinas membantu petani dengan mesin pompa air dan apabila ada daerah yang tidak ada sumber mata airnya maka petani diminta untuk menunggu sampai musim hujan untuk mulai bercocoktanam.

“Saat ini pembangunan sumur bor, sumur dangkal dan sumur dalam sedang berjalan,” terangnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas kata dia, juga sedang mengupayakan bantuan benih. Pihaknya telah mengusulkan bantuan benih jagung dan padi ke provinsi, sebagai persiapan menyongsong musim tanam yang akan dimulai Nopember mendatang.

“Terkait bencana gempa yang terjadi 19 agustus lalu, Alhamdulillah tidak berpengaruh terhadap lahan pertanian,” demikian Syaiful Ulum.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.