Dibackup Bengkel IJS, 18 Rumah Rusak Berat di Menala Dikerjakan Secara Swadaya

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pihak kelurahan dan masyarakat korban gempa di Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat patut menjadi contoh dalam hal rekonstruksi rumah yang rusak akibat gempa.

Sebanyak 18 orang warga yang rumahnya masuk katagori rusak berat akibat gempa, kini sedang dibangun secara swadaya, karena bantuan stimulan pemerintah untuk korban gempa belum dicairkan.

Para pekerja di Bengkel IJS menyiapkan material untuk pembangunan rumah korban gempa

Lurah Menala, Muhammad Ali, mengatakan, pihak kelurahan bekerjasama dengan tim PDPGR tingkat kelurahan, serta bengkel IJS kecamatan Taliwang untuk memenuhi kebutuhan material warga korban gempa.

“Volume pengerjaan saat ini sudah mencapai 50 persen. Ini kami lakukan, agar warga kami segera kembali kerumahnya, dan tidak larut dalam kesedihan di pengungsian,” ungkap Lurah Ali.

Langkah penanganan dilaksanakan setelah ada hasil verifikasi dari tim tekhnis Kementerian PUPR beserta Pokmas Plus yang ditetapkan berdasarkan SK bupati Sumbawa Barat tahap kedua.

“Begitu hasil verifikasi keluar kami langsung merespon guna mempercepat pengerjaan walaupun secara swadaya,” timpalnya.

Lurah Ali berharap Bengkel IJS untuk dapat terus menyuplai material bangunan agar pembangunan rumah korban tuntas.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan kami solusi terbaik terkait penanganan bantuan rumah warga korban gempa,” ujar Ali.

Ketua Bengkel IJS kecamatan Taliwang Supratman Molen, membenarkan adanya kerjasama dengan pihak kelurahan menala dalam mengatasi rumah warga yang terkena dampak gempa bumi yang masuk dalam katagori rusak berat.

“Kami dari bengkel IJS ini siap menyuplai material yang dibutuhkan warga, tentu sesuai dengan mekanisme dan kesepakatan yang telah kita bangun bersama dengan korban dan kelurahan,” sebut Molen.(Ken)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.