Sumbawa Kirim Perdana Garam Rakyat ke Lampung

KabarNTB, Sumbawa – Kualitas garam yang diproduksi para petani di Kabupaten Sumbawa telah diakui secara nasional. Senin pagi 29 Oktober 2018, pengiriman perdana garam rakyat produksi petani garam Sumbawa dilepas secara resmi menuju Provinsi Lampung.

Pada pengiriman perdana itu, volume garam yang dikirim sebanyak 100 ton dan dilepas oleh wakil Bupati H Mahmud Abdullah di halaman kantor bupati setempat.

“Pengiriman ini merupakan pengiriman tahap pertama, dengan jumlah keselurahan yang akan di Kirim ke Lampung sebanyak 1000 ton garam rakyat,” ujar Wakil Bupati.

Dijelaskan, garam yang dikirim ini merupakan garam rakyat hasil produksi kelompok usaha garam di Labuhan Bontong, Kecamatan Tarano. Menurutnya, ini merupakan sebuah kemajuan yang sangat luar biasa dan sangat besar bagi produksi garam rakyat di Kabupaten Sumbawa.

“Kita berharap kedepan, di Kabupatren Sumbawa ada produksi garam industri bahkan garam untuk kesehatan,”.

“Ini patut kita support, karena merupakan kemajuan yang sangat luar biasa dan sangat besar, saya berharap ke depan akan ada produksi garam industri bahkan garam untuk kesehatan juga perlu kita pikirkan,” ucap Wabup.

Sementara itu, Harimin, selaku ketua kelompok pengusaha garam di Labuhan Bontong, yang ditemui usai pelepasan pengiriman garam tersebut menyatakan, untuk sekarang ada sekitar 50 hektar yang dikelola oleh beberapa kelompok tani di Labuhan Bontong dibawah binaan Dinas Perikanan dan Kelautan.

“Tahun 2011 terbentuk 9 kelompok, 2012 terbentuk lagi 9 kelompok jadi 18 kelompok yang beranggotakan 180 orang. Ini pengiriman pertama 100 ton, jumlah keseluruhannya 1000 ton, pengiriman akan terus berlanjut hingga mencapai target,” jelasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.