Ayoo ke Sumbawa.. Festival Moyo Utara 2 Sudah Dimulai

KabarNTB, Sumbawa – Festival Moyo Utara 2 resmi dibuka. Pembukaan festival itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah dan bagenang rame, pada Ahad sore 28 Oktober 2018, di Lapangan Sebewe Kecamatan Moyo Utara. Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan dengan Rudal Saling Sakiki.

Wakil Bupati H. Mahmud Abdullah menyampaikan bahwa Festival Moyo Utara yang dilaksanakan merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berkontribusi sebagai sarana komunikasi penting untuk membangun dan memberdayakan budaya Sumbawa.

Dengan menyadari fenomena dan dampak globalisasi oleh eksistensi budaya lokal, maka diperlukan program pelestarian dan pengembangan guna memperkokoh tekanan budaya pada zaman sekarang.

“Sehingga, selain menjadi sarana pengelolaan yang sistematik, dapat memperoleh pengemasan produk-produk kebudayaan lapisan masyarakat sebagai upaya pelestarian budaya serta membangun kebanggaan masyarakat terhadap budayanya sendiri,” ujar Wabup.

Ia berharap Kegiatan Festival Budaya Moyo Utara harus mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Moyo Utara. Mengingat sektor pariwisata merupakan sumber daya yang kuat yang dapat diandalkan. Dengan majunya wisatawan akan mampu menggerakkan ekonomi antar budaya.

Selain itu juga diharapkan bisa menarik minat masyarakat sehingga timbul peningkatan karakter masyarakat Sumbawa yang mendukung dibidang pariwisata.

“Kepada seluruh masyarakat kecamatan Moyo Utara agar bisa semakin terpenuhi nilai-nilai dan seni budaya daerah dalam segala segi harus tetap dilestarikan dengan semangat saling pendi, saling sakiki, saling satotang yang tertanam di dalam sanubari,” ungkap Wabup.

Sementara itu, Camat Moyo Utara, Hasanuddin, mengatakan Festival MU 2 merupakan salah satu ikhtiar dari masyarakat Moyo Utara untuk melestarikan nilai-nilai budaya, adat & tradisi tau Samawa.

Rangkaian kegiatan pelaksanaan Festival MU 2 tahun 2018 yaitu Pawai Budaya yang diikuti oleh seluruh desa yang ada di kecamatan Moyo Utara, Pagelaran Seni antar desa, siswa SD, SMP & SMA yang dilaksanakan tanggal 28 – 30 Oktober 2018, Pawai Pelajar tanggal 29 Oktober 2018, Lomba Batuter antar anak SD, Ekspedisi Panglima Saleh yang dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2018.

Selanjutnya kegiatan terakhir yaitu Sedekah Let sekaligus penutupan dari seluruh rangkaian acara Festival MU 2 tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Pantai Labuhan Sawo, Desa Penyaring tanggal 31 Oktober 2018.(JK)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.