Pulau Sumbawa Tidak Lama Lagi Punya PTN, Doktor Zul : Penegerian UTS Dipercepat

KabarNTB, Mataram – Harapan masyarakat Pulau Sumbawa untuk memiliki perguruan tinggi negeri (PTN) nampaknya tidak lama lagi terwujud.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (Doktor Zul), mengungkapkan, proses penegerian UTS (Universitas Tekhnologi Sumbawa) dipercepat.

Perihal percepatan itu, diungkapkan Doktor Zul melalui akun facebook pribadinya @bang zul zulkieflimansyah, Jum’at 22 maret 2019.

Doktor Zul pada Jum’at pagi memang menyambut langsung kedatangan dan mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya di Pulau Lombok.

Di sela-sela berbagai kegiatan dalam Kunker itu, Presiden menghubungi langsung Menristekdikti (Menteri Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi) untuk mempercepat proses penegerian UTS.

“Tadi Menristekdikti langsung dihubungi presiden untuk menuntaskannya (Penegerian UTS),” ungkap Doktor Zul dalam status facebook dimaksud.

Gubernur yang juga pendiri UTS itu, menyatakan keberadaan Universitas Negeri di Pulau Sumbawa penting untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Agar SDM kita tambah pesat kemajuannya dan seimbang antara pulau Lombok dan Pulau Sumbawa,” tulisnya.

Presiden Jokowi sendiri, pada 30 Juli 2018 lalu sempat mengunjungi Kampus UTS di Kecamatan Moyo Hulu Sumbawa. Presiden saat itu sempat menyampaikan kuliah umum dihadapan para mahasiswa. Ia menyatakan yakin UTS mampu melahirkan pemimpin revolusioner untuk Indonesia lebih baik.

Pada kesempatan yang sama saat itu, Doktor Zul sebagai pendiri UTS juga mengusulkan agar UTS, Universitas Samawa dan Institut Ilmu Sosial Budaya (IISBUD) dimerger menjadi perguruan tinggi negeri. Doktor Zul bahkan menyatakan ikhlas menghibahkan seluruh asset yang dimiliki UTS kepada negara untuk dijadikan perguruan tinggi negeri.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.