4.876 Surat Suara Pemilu di Sumbawa Barat Rusak

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 4.876 lembar surat suara pemilihan umum dan Pilpres 2019 yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat rusak.

Temuan kerusakan itu setelah KPU setempat menyelesaikan proses sortir dan pelipatan surat suara pada akhir pekan kemarin.

Ketua KPU Sumbawa Barat, Denny Saputra, menjelaskan, surat suara yang rusak meliputi surat suara Pilpres sebanyak 283 lembar, DPRRI 1.757 lembar. DPD 498 lembar. Provinsi 246 lembar dan surat suara untuk DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 1794 lembar. Surat suara Dapil 2 sebanyak 2 177 lembar dan suarat suara Dapil 3 sebanyak 121 lembar.

Proses pelipatan dan sortir kertas suara yang dilaksanakan KPU Sumbawa Barat

“Jumlah yang rusak, termasuk kekurangan sudah dilaporkan per 1 april ke KPU RI. Soal kapan pengganti datang, kita tunggu proses di KPU RI,” ungkap Denny, Kepada KabarNTB, Selasa 2 April 2019.

Jenis kerusakan antara lain berlubang /robek pada bagian pinggir dan tengah surat suara, permukaan hasil cetakan kabur, surat suara bernoda dan tinta meluber.

Sedangkan untuk kotak suara terdapat lima (5) buah yang rusak. Kerusakan ini menurut Denny, merupakan kerusakan bawaan, bukan karena rusak penyimpanan.

“Terhadap surat suara yang rusak, akan dimusnahkan. Proses pemusnahan itu akan dilaksanakan setelah setelah proses packing logistik pemilu untuk di distribusikan selesai,” imbuhnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.