Jarot – Mokhis Rencanakan Lunyuk sebagai Sentra Ekonomi Baru

KabarNTB, Sumbawa – Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Sumbawa, Syarafuddin Jarot – Mokhlis menaruh perhatian aerius terhadap potensi sumber daya alam dan budaya Samawa yang sangat kental di Kecamatan Lunyuk.

“Lunyuk dengan 7 desa-nya merupakan wilayah potensial untuk dikembangkan sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Sumbawa,” ucap Calon Bupati Syarafuddin Jarot, Jum’at 13 Nopember 2020.

Pada sektor pertanian, Lunyuk mempunyai ribuan hektare lahan pertanian dan potensi peternakan. Demikian pula sektor pertambangan di wilayah Dodo Rinti yang menjanjikan namun belum berjalan maksimal dan baru tahap eksplorasi saja.

Pasangan calon bupati – wakil bupati Sumbawa Nomor urut 5, Jarot – Mokhlis disambut hangat warga Kecamatan Lunyuk

Haji Jarot yang merupakan calon bupati nomor urur 5, mengaku dirinya telah mengetahui potensi besar di Lunyuk, namun selama ini belum dikembangkan maksimal.

Oleh karenanya, jika paslon Jarot-Mokhlis memimpin Sumbawa, Ia berjanji akan membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki Kecamatan Lunyuk secara optimal untuk mensejahterakan masyarakat.

Dengan hadir dan berkembangnya pertambangan nantinya akan menjadikan Lunyuk sebagai salah satu daerah sentra pertumbuhan ekonomi baru di Sumbawa. “Jika pertambangan berkembang geliat ekonomi di Lunyuk akan semakin meningkat, dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai,” katanya.

Mwnurutnya, untuk menyambut hadirnya pertambangan dan industry pertanian, perlu adanya program peningkatan mental, kapasitas dan skill anak-anak muda yang terampil sehingga siap bekerja di bidang apapun khususnya di sektor tambang.

Ia juga akan membangun fasilitas umum yang nantinya akan menunjang pertumbuhan pertambangan dan industri pertanian tersebut.

“Dua sektor yang harus kita kembangakan di sini yaitu industry pertanian dan pertambangan, sehingga kesejahteraan dapat tercapai,” katanya.

Pada sektor pertanian, di Lunyuk ada sekitar 500 hektar lahan pertanian yang masih belum dibenahi dari sisi infrastruktur pengairan sehingga warga masih kesulitan untuk memaksimalkan hasilnya seperti di desa Mekar Sari. Namun secara umum Lunyuk adalah wilayah yang subur, di beberapa lokasi hasil pertanian dapat dipanen tiga kali dalam satu tahun.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.