RASATE : Mengadu ke Polres Sumbawa Tidak Lagi ‘Seram’ Seperti Dulu

KabarNTB, Sumbawa – Kepolisian Resor (Polres) Sumbawa, kini memiliki ruangan khusus pelayanan terpadu. Lounching ruang pelayanan yang diberi nama ‘RASATE’ (Ruang Samawa Terpadu) itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, Sabtu pagi 17 April 2021.

Penjabat Bupati Sumbawa, Ketua DPRD, Dandim, Kepala Pengadilan, Ketua FKUB, Perwakilan Organisasi kepemudaan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta PJU Polres Sumbawa turut hadir dalam kegiatan dimaksud. Kepada wartawan usai kegiatan, Kapolres AKBP Widy Saputra, menjelaskan, RASATE ini merupakan penjabaran dari perintah Kapolri terkait dengan Presisi.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra memaparkan konsep pelayanan di ruangan RASATE kepada Penjabat Bupati dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya

“Pelayanan ini bentuk komitmen Polres Sumbawa membangun zona integritas dengan menerapkan zero toleran terhadap segala bentuk tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Sesuai artinya, RASATE adalah harapan. Dimana, selama ini masyarakat mengharapkan pelayanan yang terbaik. Untuk itu, Polres Sumbawa menghadirkan layanan ini sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat,” beber Kapolres.

RASATE, sambungnya, beda dengan pelayanan sebelumnya. Jika sebelumnya masyarakat merasa takut masuk ke Polres, maka dengan adanya pelayanan RASATE ini, pelayanan akan menjadi lebih humanis. “Pertama konsepnya kita rubah suasana. Kalau biasanya terkesan sangat seram, sekarang menjadi lebih humanis lagi, namun tetap ketat,” ungkapnya.

Dengan RASATE, masyarakat bisa membuat pengaduan ataupun sekedar menanyakan sesuatu kepada petugas. Layanan ini, bisa diakses melalui wabsite Sumbawa.ntb.polri.go.id.

Ditempat yang sama, Penjabat Bupati Sumbawa Muhammad Husni, menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Polres Sumbawa atas inisiasi mendekatkan pelayanan publik melalui Ruangan Samawa Terpadu (RASATE).

Menurutnya, keberadaan RASATE akan memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat dalam mengajukan pengaduan kepada Polisi, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja aparat kepolisian.

“Saya membayangkan bahwa layanan yang diberikan melalui RASATE ini juga mengakomodir layanan pengaduan berbasis online dengan respon yang cepat dan terukur. Selain memudahkan masyarakat dalam melaporkan kasusnya, juga memudahkan masyarakat dalam memantau perkembangan penanganan kasusnya secara transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Husni berharap RASATE dapat dimanfaatkan dengan baik oleh segenap masyarakat Kabupaten Sumbawa. “Dengan dilaunchingnya Ruangan Samawa Terpadu ini, kami percaya bahwa Polri telah berbenah dan Insya Allah menjadi polisi yang dekat dan dipercaya masyarakat sebagai pelindung serta pengayom,” demikian Husni.(hms)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.