Dua Truk Bermuatan Berat Terbalik di Sekitar Pelabuhan Lembar

KabarNTB, Lombok Barat – Kecelakaan Lalulintas tunggal terjadi pada dua Lokasi berbeda di Lembar Lombok Barat, masing-masing dialami truk sedang dan truk besar karena diduga sopir kehilangan kendali, Selasa 25 Mei 2021.

Kapolsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Boy Ari Purnomo mengatakan, kecelakaan kedua truk tersebut terjadi di Jl. Yos Sudarso depan jembatan timbang dan di tikungan Padak Jl Datu Kedaro Kecamatan Lembar.

Kondisi salah satu truk yang terbalik di sekitar pelabuhan Lembar Lombok Barat

“Keduanya merupakan kecelakaan tunggal out of control (OC), dimana kedua truk ini sedang penuh muatan saat kecelakaan terjadi,” ungkapnya, Rabu.

Truk pertama terbalik di depan jembatan timbang diduga karena truk yang dikemudikan oleh Yustinus (39 itu) terlalu buru-buru mengejar jadwal Kapal Jurusan Kupang NTT.

“Awalnya truk yang bermuatan barang pindahan itu, diparkir di depan jembatan timbang sambil menunggu Kapal jurusan Kupang NTT, setelah mengetahui Kapal sudah bersandar, Sopir tancap gas,” ungkap Kapolsek.

Saat belok kanan keluar dari tempat parkir arah pelabuhan Pelindo III, karena terburu-buru dan bermuatan berat, truk oleng dan akhirnya terbalik. “Truk tidak stabil dan langsung terbalik kearah kiri bahu jalan,” terangnya.

Sedangkan kecelakaan tunggal di Jl.Datu Kedaro Desa Lembar Selatan Kec. Lembar Lombok Barat, berawal saat selesai bongkaran, truk fuso warna hijau melaju meninggalkan pelabuhan Gili Mas.

“Setibanya di Padak, truk tersebut mengalami pecah ban, sehingga truk yang bermuatan teh kemasan botolan plastic itu tidak stabil dan sopir kehilangan kendali,” katanya.

Truk terbalik kearah kiri, menutupi setengah ruas jalan Datu Kedaro Lembar – Sekotong dan menyebabkan arus lalulintas terganggu. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa dua kecelakaan tungga Mobil Truk tersebut, sedangkan untuk kerugian materil sedang dilakukan pendataan,” pungkasnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas, personel Polsek Lembar dan unit Laka Sat Lantas Polres Lobar dikerahkan di dua lokasi kejadian tersebut.(JK/NK)

“Mengatur arus lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan dan sekaligus mengamankan proses evakuasi kedua truck tersebut,” tutupnya.

Evakuasi Truk yang terguling di Jl. Yos Sudarso depan retribusi (jembatan timbang) tuntas dilakukan pada malam hari itu juga.

“Sedangkan Truck besar yang OC di Raya Datu Kedaro Dsn Padak Desa Lembar Selatan Kec Lembar Kab Lombok Barat, baru siang ini berhasil di Evakuasi,” tandasnya.

iklan

Komentar