42 Preman Pelaku Pungli dan Parkir Liar di Kota Bima Diamankan

KabarNTB, Kota Bima – Polres Bima Kota NTB mengamankan 42 orang juru parkir liar dalam operasi penertiban premanisme dan pungli yang meresahkan masyarakat, Kamis w4 Juni 2020.

Operasi sebagai tindaklanjut Instruksi Kapolri atas perintah Presiden Joko Widodo, menyasar sejumlah fasilitas umum yang kerap dijadikan lokasi operasi oleh para preman dan pelaku pungli.

Puluhan preman yang diamankan petugas Polres Bima Kota

Kapolres Bima Kota melalui Kabag Ops Kompol Nusra Nugraha, didampingi Kanit Pidum Ipda Franto Akceherian Matondang, dalam konfrensi pers Jum’at siang 25 Juni 2021, menjelaskan, puluhan preman yang diamankan, berprofesi sabagai juru parkir liar dan pelaku pungli.

“Sebagai juru parkir mereka tidak memilki identitas seperti baju seragam dan kartu resmi sebagai dasar penarikan retribusi dimaksud,” jelas Kabag Ops.

Dari aksi liar dan hasil palak para preman ini, jelas Kanit yang baru saja menerima tugas di Polres Bima Kota ini, disita barang bukti uang sejumlah Rp 1.624.000 . Rata-rata perhari dari Rp 100 hingga 500 ribu.

Apakah masuk pada kas daerah ?, Kanit Pidum, akan menyelidiki lebih lanjut, dimana aliran pungutan ini bermuara.

Para preman yang diamankan twrsebut, sambungnya, akan dibina dulu. Jika masih beraksi memungut tanpa kejelasan alias liar, akan ditindak tegas. “Apalagi razia ini akan dilaksanakan secara rutin hingga zero tindak premanisme,” ucapnya.

Operasi penertiban preman ini, ​dilaksanakan sesuai Undang – undang No 8 tahun 1981, ​Undang Undang RI No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Program prioritas 100 hari kerja KAPOLRI untuk mewujudkan penegakan hukum presisi, dan telegram Kapolda NTB nomor : ST / 850 / VI/Ops.2/ 2021, TANGGAL 11 JUNI 2021 tentang Pelaksanaan Perpanjangan pelaksanaan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran kasus 3C dan Premanisme dengan modus pungutan liar.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.