Pemprov NTB Dorong Inovasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

KabarNTB, Mataram – Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalillah, menegaskan, inovasi pengelolaan sampah harus memastikan sirkulasi dan pemanfaatannya berjalan terus.

“Jangan hanya dikenalkan inovasinya kemudian tidak dibumikan dan digunakan oleh masyarakat terus dipelihara dan dijaga keberlanjutannya,” ujar Wagub saat mengunjungi ke Laboratorium Sampah Paman Sam (Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah) Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Rabu 23 Juni 2021.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah saat berkunjung ke Laboratorium Sampah Paman Sam (Pemanfaatan dan Pengelolaan Sampah) Desa Lembuak, Kecamatan Narmada

Wagub menginginkan, titik percontohan atau fasilitas yang sudah dibangun itu dapat dimasukkan kedalam aplikasi Lestari agar memudahkan pemantauan sampai memetakan daerah mana yang cocok dengan inovasi yang akan diterapkan.

Ia menjelaskan, sirkulasi sampah untuk inovasi penanganan dan pengurangan keluarannya menjadi pupuk, pakan, energi dan lain lain yang sudah tersedia fasilitasnya di masyarakat dapat dipantau kebutuhan pemanfaatan hasil inovasinya sekaligus ketersediaan bahan baku nya dengan direktori bank sampah.

Sementara Umi Ningsih, founder Laboratorium Sampah Paman Sam menjelaskan, biogas yang dihasilkannya disebut bio slurry yang berbahan baku limbah ternak atau sampah organik rumah tangga. Pemanfaatannya saat ini sudah digunakan oleh 15 rumah tangga di Desa Lembuak sebagai pupuk cair dan bahan bakar pengganti gas.

“Kelebihannya, limbah nya nol persen dan kita kembangkan juga dari bahan baku sampah organik rumah tangga dari yang umumnya menggunakan limbah ternak,” jelasnya.

Selain itu, instalasi biogas ini untuk kebutuhan rumah tangga dimanfaatkan untuk penerangan dan dapur. Kelebihannya, tidak membahayakan karena tekanan gas rendah namun efisien.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.