Sigma-Sumbawa, Solusi Pengambilan Keputusan Berbasis Data

KabarNTB, Sumbawa – Sekretaris Daerah, H. Hasan Basri, mewakili Bupati, membuka secara resmi Evaluasi Diseminasi Data Statistik Sektoral, dan Launching Sigma-Sumbawa (Sistem Integrasi Data dan Informasi Statistik Sektoral Kabupaten Sumbawa), di Aula H. Madelaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Sejin 28 Juji 2021.

Kegiatan itu diharapkan menjadi salah satu wahana strategis dan potensial bagi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, dalam memastikan berjalannya tata pemerintahan yang baik. Pembukaan ditandai dengan penekanan telapak tangan Sekretaris Daerah pada layar hologram dan penandatanganan pernyataan komitmen oleh segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Sekda Sumbawa H Hasan Basri menekan hologram tanda dilaunching program Signa – Sumbawa

Bupati Sumbawa, dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekretaris Daerah menyatakan, saat ini data dipandang sebagai jenis kekayaan baru bangsa, sehingga kedaulatan data menjadi bentuk penguasaan material untuk akselerasi pembangunan.

“Dan Sigma-Sumbawa yang kita launching hari ini, diharapkan dapat menjadi salah satu varian dari one stop solution atau solusi satu atap, ketika kita ingin membuat keputusan yang berbasis data,” sebut Bupati.

Tantangan saat ini, ungkapnya, adalah masalah riil evidence atau bukti data yang belum lengkap, atau data yang mensupport evidence tersebut kadang tidak tersedia secara utuh. “Maka inisiatif inovasi Sigma-Sumbawa ini saya pandang menjadi bigdata dan kanal koordinatif antar stakeholder data”, tambahnya.

Bupati sangat mengapresiasi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, atas inisiatifnya yang dapat menjadi kontributor gemilang dalam menjawab misi pemerintahan saat ini, yaitu Sumbawa Bersih dan Melayani.

Kegiatan yang diselenggarakan hari ini, jelas Bupati, merupakan pengejawantahan dari komitmen kuat pemerintah Kabupaten Sumbawa, terhadap teknologi pada setiap aktivitas kepemerintahan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Ada korelasi antara peran teknologi dengan kinerja pemerintah, semakin tinggi penerapan teknologi yang dijalankan oleh pemerintah, maka semakin efektif pula pencapaian kinerja pemerintah,” tutup Bupati.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.