HANI, Wapres Ajak Semua Pihak Berjuang Bersama Lawan Narkoba

KabarNTB, Sumbawa – Kawan Gemilang, RAN P4GN (Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) akan dapat berjalan secara optimal dengan adanya kolaborasi dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat.

O”leh karenanya, perlu membangun dan melakukan investasi SDM unggul dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam RAN P4GN. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari penyalahgunaan narkotika, sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berdaya saing, berwawasan kebangsaan dan berakhlak mulia,” urai Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin dalam arahannya pada Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) dirangkaikan dengan Pecanangan Program Desa Bersih Narkoba yang digelar secara virtual pada Senin, 28 Juni 2021.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Peringatan yang mengangkat tema “Perang Melawan Narkoba (War On Drug) di Era Pandemi Covid-19 Menunuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar)” ini diikuti secara virtual oleh Bupati Sumbawa yang diwakili Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Zulqifli bersama Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Perwakilan Forkopimda, Kepala BNN Sumbawa, Instansi Vertikal serta Pimpinan BUMN/BUMD di Aula SMK 1 Sumbawa.

Lebih lanjut, sejalan dengan peningkatan partisipasi masyarakat tersebut, Wapres menilai bahwa masyarakat desa memiliki potensi dan kekuatan besar dalam melawan narkoba secara bersama-sama.

Untuk mengoptimalkan potensi ini, maka diperlukan desa dengan lingkungan yang kondusif, aman, serta layak bagi masyarakat untuk beraktifitas dan berkreasi, terutama untuk memenuhi kebutuhan keluarga untuk membesarkan anak-anak yang menjadi masa depan bangsa.

Untuk itu, Ia berpesan agar BNN sebagai leading sector dalam P4GN dapat melakukan langkah-langkah strategis dalam memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mengintervensi daerah bahaya narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitasi melalui intervensi berbasis masyarakat, serta memperkuat dan memperluas jejaring kerja sama pencegahan dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negeri, domestik, maupun internasional.

Ia juga meminta kepada seluruh pihak terkait untuk berjuang bersama dan menjadi pelopor dalam melawan narkoba dan pandemi Covid-19 dengan senantiasa melakukan pencegahan dan perlindungan keluarga dari narkoba dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.