AMMAN Pilih Konsorsium NFC/NERIN sebagai Kontraktor EPC, Capaian Signifikan dalam Pembangunan Smelter

KabarNTB, Jakarta – PT Amman Mineral Industri (AMIN) menerbitkan Letter of Intent (LoI) untuk Konsorsium NFC (China Non-ferrous Metal Industry’s Foreign Engineering and Construction Co., Ltd) sebagai kontraktor Engineering, Procurement dan Construction (EPC), dan NERIN (China Nerin Engineering Co., Ltd.) sebagai penyedia layanan teknis, untuk pembangunan Proyek Smelter AMMAN di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat berdasarkan Lump Sum Turn Key.

Acara penandatanganan LoI dilakukan secara virtual pada hari Kamis, 22 Juli 2021 dan turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Presiden Direktur AMIN Rachmat Makkasau (kanan) bersama dengan President NFC Qin Junmin (kiri) menandatangani Letter of Intent (LoI) secara virtual dan disaksikan oleh Direktur Jenderal Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc. Penandatanganan LoI ini merupakan sebuah capaian signifikan dalam pembangunan proyek smelter dan dapat terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Proyek smelter ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia di tengah pandemi COVID-19, khususnya bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Presiden Direktur AMIN, Rachmat Makkasau menandatangani LoI dari kantor pusat AMMAN di Jakarta. Dalam sambutannya, Rachmat mengungkapkan apresiasinya atas dukungan dari berbagai pihak.

“Proses ini telah berlangsung cukup lama dan penuh tantangan. Saya senang sekali untuk menyampaikan bahwa dalam proses bidding dan negosiasi, kedua belah pihak telah menyetujui rangkaian pekerjaan yang harus dipenuhi oleh kontraktor EPC, berikut dengan ketentuan teknis serta komersial untuk kontrak. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersabar dan gigih untuk menjalani proses bidding ini, di tengah tantangan yang begitu besar akibat pandemi COVID-19,” ujar Rachmat.

NFC dan Nerin sebagai Konsorsium Kontraktor EPC terpilih, pada saat memasuki Kontrak EPC LSTK, akan mengerjakan berbagai cakupan kerja, mulai dari desain, engineering, procurement, fabrikasi struktur dan instalasi, konstruksi sipil, hingga commissioning, memulai jalannya operasional, serta meningkatkan kapasitas desain pabrik. Presiden NFC, Qin Junman mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang ditunjukkan oleh AMIN dengan memilih NFC sebagai Kontraktor EPC LSTK untuk proyek smelter ini.

“Dengan penandatanganan LoI ini, bisnis kami semakin terjalin kuat dengan Indonesia. Terlepas dari tantangan selama pandemi COVID-19, saya yakin bahwa Proyek Smelter AMMAN akan menambah daftar proyek yang sukses dikerjakan oleh NFC dan NERIN di skala internasional. Dengan dukungan pemerintah Indonesia dan kemitraan kami dengan AMMAN, kami berkomitmen penuh dan yakin bahwa proyek ini akan menjadi langkah maju yang signifikan bagi kedua belah pihak,” ujar Qin Junman.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc. yang juga hadir menyaksikan acara virtual ini mengucapkan selamat kepada AMMAN dan rekannya yang telah mencapai kesepakatan. “Penandatanganan LoI ini menunjukkan upaya AMMAN untuk membangun fasilitas ini sesuai dengan yang telah diamanahkan pemerintah,”.

“Proyek Smelter merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional. Tentunya hal ini akan membawa energi positif untuk negara kita, terutama di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Kami berharap agar smelter ini bisa membawa multiplier effect bagi wilayah sekitarnya,” kata Ridwan.

Berdasarkan verifikasi 6-bulanan pada Januari 2021 lalu, total kemajuan fisik smelter mencapai 26,6% dari target yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 26,7% atau 99,35% dari target yang ditetapkan antara Agustus 2020 hingga Januari 2021. Keberadaan smelter berkapasitas 0,9 juta ton per tahun (mtpa) ini juga akan mendukung posisi Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai wilayah dengan teknologi pertambangan mutakhir dalam peta dunia.

“Saya ingin kembali mengungkapkan bahwa kami akan terus berupaya keras untuk berkontribusi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia. Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari semua pihak, antara lain Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi NTB, dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, yang terus memberikan dukungan dan bimbingan selama proses pembangunan smelter ini. Kami berharap akan terus mendapatkan dukungan untuk kelanjutan proyek ini,” tutup Rachmat.(EZ/*)

iklan

Komentar