Dipastikan Naik Status, Geopark Tambora Diusulkan Masuk UGGp Submission 2021

KabarNTB, Mataram – Status Geopark Tambora dioastikan naik tahun 2021 ini. Dari sebelumnya berstatus Nasionl menjadi Geopark Dunia. Selain itu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang berupaya agar destinasi wisata Gunung Tambora masuk dalam nominator seleksi kandidat UNESCO Global Geopark (UGGp) Submission 2021 yang akan dilakukan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).

Kepastian itu berdasarkan surat elektronik dari Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementrian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Nomor 869/DEPUTI V/MARVES/VII/2021 tertanggal 2 Juli 2021.

Gubwrnur NTB, H Zulkieflimansyah

Untuk diketahui bahwa Geopark Tambora merupakan salah satu geopark yang berada diantara Kabupaten Bima dan Dompu, di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada tahun 2021 lalu Geopark Tambora ditetapkan sebagai Geopark Nasional, Menyusul Geopark Rinjani, oleh Komite Nasional Geopark Indonesia, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, dan tahun ini akan naik menjadi Geopark Dunia.

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, mengaku bangga dan bersama-sama jajarannya akan mensupport terus sehingga Geopark Nasional Tambora-Pulau Sumbawa, NTB bisa melewati setiap tahapan seleksi. Dan akhirnya dapat benar-benar lolos menjadi UGGp.

“Ini adalah salah satu hal penting yang telah lama dinantikan masyarakat Nusa Tenggara Barat. Kita akan support penuh. Usaha terbaik akan kita lakukan bersama-sama pihak terkait. Sehingga, Geopark Tambora dapat melewati berbagai proses seleksi yang ada. Dan akhirnya dapat naik statusnya menjadi Geopark Dunia (UGGp, red),” ujar Gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul ini, Sabtu 03 Juli 2021.

Sementara itu, General Manager Dewan Pelaksana Geopark Tambora, Hadi Santoso, menjelaskan masuknya Geopark Tambora-Pulau Sumbawa, NTB dalam nominasi tersebut, merupakan perjuangan panjang para pengurus lama dan baru Dewan Pelaksana Geopark Tambora.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.