216 ASN KSB, Dilantik Jadi Fungsional

KabarNTB, Taliwang – Setelah berproses sejak 2019 akibat perijinan yang sangat berbelit-belit yang dilaksanakan oleh birokrasi seluruh Indonesia, akhirnya Pemkab Sumbawa Barat memberlakukan penyederhanaan struktur organisasi dengan menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Fungsional Melalui Penyetaraan Jabatan Administrasi terhadap 216 pejabat struktural Lingkup Pemkab Sumbawa Barat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, di pimpin langsung Bupati Sumbawa Barat H.W Musyafirin, di Aula Lantai III, Gedung Graha Praja, Komplek Kantor Bupati, Jumat (31/12) sore tadi.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan Presiden Jokowi dalam pidato paripurna di depan Anggota DPR RI tahun 2019 lalu, mengusulkan untuk dilakukan penyederhanaan struktur organisasi birokrasi dan penyetaraan. Yang awalnya birokrasi mungkin berdasarkan aturan dilaksanakan, sekarang sedikit demi sedikit berubah.

“Jadi digeser dia menjadi birokrasi melayani berdasarkan visi-misi hasil atau outputnya yang dilihat, jadi tidak semata-mata dilaksanakan sesuai aturan. Ini yang membuat pelayanan kita menjadi sangat lamban.” imbuhnya.

Secara detail, lanjutnya, kita juga belum tahu bagaimana kedepannya pejabat-pejabat fungsional yang baru saja dilantik. Tetapi ini terus akan berproses.

“Pelantikan pejabat fungsional ini sudah diwanti-wanti, karena harus dilakukan dalam tahun 2021 ini. Tidak boleh mundur.” Tandasnya.

Sementara itu, kepada pejabat-pejabat yang baru dilantik. Bupati menghimbau agar menjaga baik-baik amanah yang diberikan serta jangan menyalahgunakan jabatannya. Sementara mengenai hal tunjangan dan sebagainya, akan diterima sama dengan jabatan sebelumnya.

“Untuk masalah itu, belum ada perubahan. Sambil menunggu perubahan dan petunjuk lebih lanjut. Jadi, terima dengan baik. Dan yang terpenting, selalu ikhlas, jujur, sungguh-sungguh. Karena itu semangat yang paling pas untuk kita melaksanakan amanat ini.” tegasnya.

Ia berharap, ini bentuk ketataan semuanya dan paling gampang diingat. Dimana akhir tahun 2021 ini adalah masa-masa yang menentukan masa depan sebagai aparatur sipil negara.

“Itulah sebabnya mungkin kenapa harus di lantik pada akhir tahun, supaya gampang diingat. Bahwa peralihan kita itu adalah pada awal tahun 2022” pungkasnya.(IYK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.