Masuk Musim Tanam, Komisi II Minta Distan Maksimal Bantu Petani

KabarNTB, Taliwang – Musim tanam yang sebentar lagi akan tiba, menjadi atensi legislatif. Pasalnya, dalam setiap musim tanam, petani selalu menjerit akan keterasediaan pupuk maupun benih.

Ketua Komisi II DPRD Sumbawa Barat, Aheruddin Sidik, meminta kepada Pemkab Sumbawa Barat melalui Dinas Pertanian (Distan) untuk sigap membantu petani, baik dalam hal ketersediaan benih maupun pupuk.

Aheruddin Sidik, Ketua Komisi II DPRD KSB

“Pemerintah harus sangat siap untuk membantu petani disaat musim tanam seperti sekarang ini, jadi jangan sampai ada petani yang kesulitan mendapatkan benih maupun pupuk,” tegas politisi muda dari Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Dapil Seteluk itu, Kamis (2/12) di Ruang Kerjanya.

Aher, sapaan akrabnya menekankan, untuk mendapatkan benih dan pupuk, merupakan hak dasar petani yang wajib dijamin Pemerintah. Apalagi soal kelangkaan pupuk, menurutnya itu persoalan klasik. Jadi, sudah bukan jamannya kalau setiap musim tanam tiba, petani selalu menjerit lantaran kesulitan mendapatkan benih dan pupuk.

“Ini harus diantisipasi secara serius oleh dinas tekhnis, sehingga harapan tingginya produksi dimusim tanam ini dapat terealisasi,” tegasnya seraya menambahkan agar Dinas turut mengistruksikan kepada penyuluh untuk turun aktif guna memantau kondisi lapangan secara langsung.

“Dinas harus mengintruksikan kepada seluruh penyuluh pertaniannya, untuk turun lapangan melakukan pemantauan kondisi lapangan,” tegasnya.

Tak kalah penting, lanjutnya, dinas juga harus intens berkoordinasi serta komunikasi terkait ketersediaan pupuk. Seperti kendala dalam penyediaan pupuk, segera ambil keputusan sebagai bentuk solusi. Termasuk menyampaikan kepada DPRD, agar bisa disikapi secara bersama-sama.

“Insyah Allah dalam waktu dekat kami juga akan mengundang dinas pertanian dan seluruh kepala BPP untuk kami dengarkan bagaimana persiapan mereka di musim tanam ini, sebagai bagian dari melaksanakan  fungsi pengawasan kami dari komisi terkait dan nantinya kami juga akan turun inspeksi ke gudang distributor dan pengecer pupuk untuk pemantauan secara langsung”, pungkasnya.(IYK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.