Bupati Sumbawa Minta Kades Libatkan Masyarakat dan Transparan Kelola Kuangan

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa diwakili Sekretaris Daerah H. Hasan Basri, meminta selueuh Kepala Desa (Kades) untuk melibatkan masyarakat dalam semua kegiatan.

Hal itu disampaikan dalam amanat tertulis bupati yang dibacakan Sekda saat membuka kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa Kabupaten Sumbawa Tahun 2022, Selasa 8 Maret 2022 di Aula Kantor Inspektorat Sumbawa.

Sekda Sumbawa H Hasan Basri yang mewakili bupati, bersama para Kades dan Inspektorat Kabupaten saat membuka pelatihan pengelolaan keuangan Desa

Bupati menyampaikan penting bagi Kades melibatkan masyarakat, terutama dalam menyusun perencanaan program. Sehingga, masyarakat juga dapat mengetahui hal apa saja yang akan berkembang diwilayah tersebut.

“Tolong dilibatkan seluruh masyarakat untuk buat perencanaan yang bagus,’’ katanya.

Bupati juga meminta para Kades untuk serius mengikuti kegiatan pembinaan dan sosialisasi pengelolaan keuangan, agar mendapat pemahaman dalam mengelola keuangan desa. Sehingga kedepannya, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama yang berimplikasi hukum.

Ia menekankan agar Kades dapat merencanakan setiap program dengan baik. Begitu pula dalam menyusun RAB suatu kegiatan. Bahkan dalam pelaksanaannya pun harus transparan, dengan menyediakan laporan keuangan dalam bentuk baliho, agar diketahui masyarakat luas.

“Transparansi itu penting. Harus buat baliho, kalau di desa ini ada dapat Dana Desa, cantumkan total dengan rincian penggunaan anggaran. Ini menjadi pemeriksaan BPK, salah satu syarat juga untuk kita dapat WTP,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Bupati juga mengingatkan para Kades dan Camat untuk memperhatikan dan mendata kondisi masyarakat. “Seperti contoh masalah kesehatan, karena masih ada masyarakat kurang mampu yang tidak masuk dalam program bantuan Pemerintah. Selain itu ada juga rumah rusak, air bersih dan lainnya yang juga perlu mendapat perhatian,” demikian Bupati.(JK)

iklan

Komentar