16 Desa di KSB Gelar Pilkades 26 Nopember

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 16 Desa di Sumbawa Barat akan melasanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 26 Nopember mendatang.

Untuk perhelatan pesta demokrasi tingkat desa itu, Pemda KSB menggelontorkan anggaran sebesar Rp 2,27 Miliar .

“Pilkades gelombang pertama akan dilaksanakan di 16 Desa yang tersebar di delapan Kecamatan,” ujar Kadis DPMDes, Ibrahim, usai rapat dengan camat dan kades yang akan melaksanakan Pilkades, Selasa 07 Juni 2022.

Kepala DPMDes KSB, Ibrahim

Ke-16 Desa itu adalah Desa Tamekan, Desa Banjar, Desa Batu Putih, Desa Air Suning, Desa Seteluk Atas, Desa Poto Tano, Desa Pasir Putih, Desa Mantun, Desa Maluk, Desa Bukit Damai, Desa Beru, Desa Bangkat Monteh, Desa Sapugara Bree, Desa Manemeng, Desa Lampok, dan Desa Sekongkang Atas.

Pendaftaran bakal calon Pilkades gelombang pertama akan dibuka pada 19-27 Agustus 2022. Untuk pelaksanaan pemungutan suara, perhitungan dan penetapan calon terpilih akan dilaksanakan tanggal 23 Oktober 2022.

“Penetapan penetapan calon terpilih dengan keputusan Bupati akan dilaksanakan pada tanggal 26 November dan pelantikan dilaksanakan tanggal 13 Desember 2022,”.

“Kami juga sudah menyiapkan ruang penyelesaian sengketa Pilkades, bila ada pengaduan gugatan,” timpal Ibrahim.(NK)

Komentar