Pelari PON dan Sea Games Rajai Bank NTB Samota 10K

KabarNTB, Sumbawa – Sejumlah pelari nasional perebut medali di PON Papua dan Sea Games Vietnam merajai kejuaraan lari Samota 10K yang berlangsung Minggu pagi (19/06).

Dinomor nasional putra, Agus Prayogo keluar sebagai juara pertama. Agus merupakan peraih medali emas 5.000 dan 10.000 meter di PON Papua. Ia juga meraih medali perak di kelas Marathon di Seagames Vietnam.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah berfoto bersama paea juara Samota 10 K. (Foto: Irfan)

Agus mencatat waktu 31 menit 24 detik. Perwira TNI berpangkat Letnan Dua ini unggul satu detik dari Roby Sianturi, pelari dari Provinsi Bangka Belitung. Roby merupakan peraih medali perunggu di PON Papua di kelas nomor 5.000 meter. Sementata Posisi ketiga direbut pelari nasional lainnya Ajung Purwanto dengan record 32.07.

Dinomor putri nasional, pelari marathon 42 KM peraih medali emas di Sea Games Vietnam, Odekta Elvina Naibaho keluar sebagai juara pertama. Catatan waktunya 35.28. Dia dibuntuti pelari nasional lainnya Irma Handayani (36,18). Sementara wakil tuan rumah peraih dua medali di PON Papua, Dian Ekayanti berada diposisi ketiga.

Dian Ekayanti merupakan pelari Sumbawa yang mempersembahkan medali emas dinomor 3.000 meter halang rintang dan medali perak dinomor 1.500 meter.

Tiga pelari terbaik di nomor itu memperoleh hadiah uang tunai masing masing Rp 25 juta untuk juara 1, Rp 20 juta dan Rp 15 juta untuk juara 2 dan 3.

Bagaimana dengan pelari lokal ? Suwandi–mantan atlit nasional asal Sumbawa keluar sebagai juara 1 dinomor lokal NTB. Sementara Muhammad Ikro, pelajar SMAN 2 Sumbawa meraih juara 1 untuk tingkat SMA se NTB.

Total Hadiah 1 M

Gubernur NTB, Zulkiflimansyah didampingi Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah melepas pelari tersebut untuk memprebutkan hadiah uang dan doorprize dari BANK NTB Syariah senilai Rp 1 miliar.

Disambutan singkatnya, Zulkifli mengajak peserta selain mendulang prestasi juga untuk mencari kawan dan bersenang senang.

“Jangan hanya lari (prestasi). Carilah kawan. Dan bersenang senanglah,” pinta Zul seraya menerangkan lomba lari 10 K tersebut merupakan rangkaian dari even internasional MXGP pada tanggal 24-26 Juni.

Dikesempatan berbeda, Zul mengaku senang dengan antusiasnya peserta dan warga mensukseskan 10 K tersebut. Tak ayal diapun berencana menggelar even serupa pada tahun mendatang.

“Insya Allah, tahun depan kita gelar lagi. Antusiasnya sangat tinggi,” ucapnya.(IR)

Komentar