Trek Sirkuit MXGP Samota ditaburi Sekam

KabarNTB, Sumbawa – Sepanjang 1.800 meter track Sirkuit Samota MXGP ditaburi sekam padi. “Trek sirkuit Samota sudah rampung. Tinggal dirapikan, dipasang ornamen dan ditaburi sekam,” ungkap Koordianator Lapangan Samota MXGP, Ridwansyah.

Sejumlah pekerja berkaos kuning tengah menabur berkarung karung sekam padi pada jalur trek yang sebelumnya telah digembur menggunakan traktor. Sejurus kemudian, sekam padi yang menumpuk disebar menggunakan buldozer. Lalu tanah dan sekam tersebut diaduk lagi menggunakan rotary blade traktor.

Kondisi trek.sirkuit MXGP Samota yang telah rampung dan ditaburi sekam padi (foto : Irfan)

Beberapa orang staf ekspatriat dari Infront–penyelenggara MXGP mengawasi langsung pekerjaan itu.

Ridwan tidak menerangkan secara rinci apa fungsi sekam padi tersebut. Namun informasi dari seorang engginer menyebut sekam padi berfungsi untuk menjaga kelembaban dan mencegah jalur trek tidak berdebu.

“Trek sirkuit harus gembur tapi tidak berdebu. Itulah fungsi sekam padi sebagai penyimpan air hingga trek tetap lembab,” paparnya.

Sementara itu Popy Senduk menjelaskan selain untuk menjaga kegemburan dan kelembaban trek, sekam juga dipergunakan sebagai garbage barrier–yang menghindari motor pembalap terbentur benda keras dan tidak keluar lintasan yang dapat berakibat buruk bagi pembalap dan penonton.

Samota MXGP diikuti 80 pembalap yang berasal dari 19 negara. Setidaknya pada tanggal 19 Juni, motor dan perlengkapan pembalap telah tiba di pitdock sirkuit.

Sebelumnya motor dan logistik tersebut diperiksa oleh pihak Bea Cukai di Jakarta. Kemudian diterbangkan ke Mataram. Dari Mataram dikirim melalui jalur darat ke Sumbawa. (IR)

Komentar